IBI Harpakan Pemdes Bantu Bidan Desa

Ida Fitriyani, Ketua IBI Dompu.jpeg

KBRN, Dompu : Bidan Desa, merupakan profesi ujung tombak naiknya derajat kesebatan. Bidan yang di tugaskan di desa ini, terutama di daerah terpencil, banyak yang berperan ganda. Selain menangani proses ibu hamil dan melahirkan, juga berperan sebagai dokter.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Kabupaten Dompu, Ida Fitriyani menjelaskan, seluruh bidang kesehatan di Desa, dari mulai balita hingga manula, semuanya di tangani bidan desa.

"Sakit apapun, manula-manula itu tetap minta tolong dan konsultasi ke bidan desa," katanya, Selasa (28/6/2022).

Tugas berat itu, sayangnya tidak sebanding dengan yang didapat Bidan Desa. Hampir sebagian besar, bidan desa ini statusnya merupakan tenaga sukarela. Pendapatan yang didapat, hanya cukup untuk biaya perjalanan dari rumah ke tempat tugasnya.

Ida Fitryani, mengaharapkan, ada kepedulian pemerintah desa, terhadap keberadaan bidan desa ini. Minimal, ada anggaran dari Dana Desa, untuk memberi insentif bagi bidan-bidan desa ini, khusus untuk yang non PNS.

"Dulu di desa Tolokalo, pernah dijalankan. Tapi gak tahu kenapa, itu sudah tidak lagi," tambahnya.

Penghargaan besar itu, harus diberikan pemerintah, terutama pemerintah desa. Menurut Ida Fitriyani, bidan-bidan desa ini, baik yang berstatus PNS maupun yang sukarela, telah memberikan sumbangaih yang cukup besar, bagi kemajuan kesehatan daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar