Nilai Lomba UP2K di Kabupaten Bima, Berikut Pesan Ketua TP. PKK Provinsi NTB

KBRN,  Mataram : Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widiyawati Zulkieflimansyah, mendorong TP. PKK Desa dan Kecamatan se Kabupaten Bima, untuk terus mengembangkan kegiatan ekonomi baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat.

"Peran TP. PKK sangat penting dalam membangun ekonomi keluarga dan lingkungan sekitarnya,"pesan Bunda Niken sapaanya, ketika hadir pada Display Diversifikai Pangan Lokal dan Penilaian Pemeran UP2K-PKK, didampingi Ketua TP. PKK Kab. Bima Hj. Rostiati Dahlan, pada rangkian roadshow Kunker TP. PKK Provinsi NTB, Selasa (24/5/2022) di desa Nggembe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Menurutnya, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) harus terus dikembangkan untuk menambah penghasilan keluarg atau kelompok. Termasuk harus dapat memberikan kontribusi juga untuk perekonomian desa maupun daerah.

"Tampilan kemasan produk pada display pameran UP2K  sudah cantik, begitupun rasanya sangat enak, tentunya saya yakin pasti sehat,"ujar Hj. Niken.

Sehingga memiliki syarat dan layak untuk dapat dijual dan dipasarkan, sehingga menambah pendapatan keluarga atau kelompok.

Tidak hanya itu, disampaikan bunda Niken bahwa, memiliki usaha atau bisnis tidak mudah, karena harus dibarengi dengan kemauan kuat dan kemampuan. 

Setelah memiliki usaha, tidak boleh berpuas diri dengan produknya, namun harus terus berinovasi dan belajar membuat produk yang menarik.

"Belajar menciptakan produk yang disukai pasar dan masyarakat. Produk kita berbeda,  memiliki khasan dan menarik,"tambahnya 

Lebih lanjut, sambung Bunda Niken produk yang dihasilkan juga harus bisa diterima pasar dan laku serta mampu bersaing dengan produk yang lain.

"Ini artinya, hidup harus terus  disi  dengan belajar sehingga terlahir ibu-ibu yang cerdas, tangguh dan teladan bagi keluarga dan masyarakayt," tegas wanita yang juga menjabat ketua Dekranasda NTB tersebut.

Selain itu istri Gubernur NTB juga mengaku bahwa  peran strategisnya untuk memajukan berbagai program pemerintah dari tingkat pusat hingga pemerintah desa.

"Peran TP. PKK di NTB merupakan ujung tombak mewujudkan pembangunan NTB Gemilang," tambahya.

Oleh sebab itu, saling suport dan mendukung ibu-ibu dengan para suami juga merupakan faktor keberhasilan sebuah pekerjaan. Karena dibalik keberhasilan suami, ada ibu-ibu hebat dibelakangnya, Begitupun sebaliknya. 

Ditambahkan Ketua TP.PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan menyampaikan bahwa lomba ini harus dapat memotifasi kader PKK untuk terus mengasah kempuannya dalam UP2K.

"Bukan hanya untuk lomba, namun lebih pada untuk tingkatkan ekonomi keluarga,"harapnya.

Kepala Desa Nggembe Kecamatan Bolo, Yusuf berharap desanya mampu mewakili kabupaten Bima dan keluar sebagai juara dalam lomba UP2K.

"Peran TP. PKK Desa Nggembe sangat baik dalam ikut membantu program pembangunan didesa," kata yusuf 

Begitupun perannya dalam usaha peningkatan ekonomi masyarakat di desa. Baik dalam upaya membina dan mendorong masyarakat untuk terus mengembangkan usaha. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar