Road Show di Bima, Ketua TP. PKK Provinsi NTB Tinjau Pelayanan Kesehatan dan KB Gratis di PKM Bolo

KBRN, Mataram : Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widiyawati Zulkieflimansyah, meninjau pelayanan kesehatan dan KB gratis di Puskesmas (PKM) Bolo.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP.PKK mengingatkan agar para ibu-ibu dan perempuan menjaga kesehatan diri dan keluarga. 

"Karena kesehatan ibu dan perempuan merupakan salahatu ketahanan dan tonggak keluarga," kata Bunda Niken panggilan populernya, pada road show dalam rangkian kunjungan kerja (Kunker) TP. PKK Provinsi NTB, Selasa (24/5/2022) di Puskesmas Bolo kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Menurutnya, kesehatan ibu merupakan benteng kesehatan keluarga. Bila ibu sakit pasti anggota keluarga yang lain juga merasakan sakit.

"Jadi dalam keluarga peran ibu untuk menciptkan kesehatan keluarga sangat luarbiasa,"imbuhnya didampingi ketua PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan.

Maka, kepedulian dan keseriusan para ibu-ibu harus ada untuk menjaga kesehatan  keluarga, baik kesehatan badan, makanan, lingkungan dan aspek lain dirumah tangga.

Selain itu, Bunda Niken menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi dan peran para petugas kesehatan baik itu perawat, bidan, petugas kesehatan lain atas pengabdiannya memberikan pelayanan tulus kepada masyarakat.

Ia juga memuji pelayanan kesehatan di Puskesmas Bolo. Baik dari segi fasilitas dan infrastruktur dan kemudahan dalam melayani masyararakat.

"Namun harus terus ditingkatkan, terutama untuk melayani anak dan perempuan. Terus tunjukan kerja yang cerdas dan baik,"pesan perempuan yang pernah kuliah di UI tersebut.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bolo, Nurjanah, S.Kep., mengaku bahwa kunjungan kerja ketua TP. PKK dan tim merupakan motifasi untuk terus meningkatkan pelayanan.

"Ini anugerah untuk kami, sehinga menjadi motifasi dan suport untuk seluruh jajaran Puskesmas Bolo,"kata Nurjanah 

Dalam laporannya disampaikan bahwa PKM  kecamatan Bolo, melayani lebih kurang 45.000 jiwa di 14 desa. Hampir 50 persennya melayani ibu-ibu.Termasuk pelayanan kesehatan ibu dan anak. 

"PKM ini sudah bisa dikategorikan layak. Kami bersyukur. Terimakadih atas dukungannya ibu TP.PKK Provinsi NTB dan Pemerintah,"ucapnya didampingi Ketua TP. PKK Kecamatan Bolo Dra. Hj. Arabiah.

Menurutnya, Status PKM Kecamatan Bolo dapat dikategorikan BLUD. Karena sudah memnuhi unsur dan syarat. Termasuk untuk  pelayanan dasar dan dukungan sarpras.

Selain itu disampaikannya, untuk pelayanan ibu-ibu di Bolo, pihaknya bersama IBI Bima telah melakukan pemasangan alat konrtasepsi, kb dan rangkian kegiatan bansos, periksaan kesehatan gratis di HUT Ikatan Bidan Indonesia. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar