Sukseskan TMMD 114 Kodim 1628/SB Gelar Rapat Koordinasi Dan Sosialisasi Bersama Stekholder Terkait  Di Desa Senayan

KBRN, Sumbawa Barat : Salah satu tahapan untuk mengsukseskan Operasi Bakti TMMD adalah rapat Koordinasi dan Sosialisasi seperti yang dilaksanakan Kodim 1628/SB bersama steakholder terkait guna kesiapan menghadapi pelaksanaan TMMD ke 114 TA 2022 di desa Senayan kec. Poto Tano Kab. Sumbawa Barat (wilayah Kodim 1628/Sumbawa Barat).

Terkait hal tersebut bertempat di Kantor Desa Senayan Kecamatan Poto Tano Kab. Sumbawa Barat telah dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan kegiatan TMMD ke 114 TA 2022 di wilayah Kodim 1628/Sumbawa Barat Selasa (24/5/2022).

Pada kesempatan tersebut Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Kades atas penerimaan di desa Senayan ini.  kehadirannya ini untuk memperkenalkan diri sekaligus sosialisasi Program TMMD ke 114 Tahun Anggaran 2022. 

Dandim 1628/SB mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih atas antunsias serta dukungan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, Kecamatan dan masyarakat desa senayan atas rencana Operasi Bakti TMMD 114 nantinya.

"Tahapan TMMD ini salah satunya kegiatan untuk berkomunikasi dengan masyarakat manakala masih ada hal hal yang masih kurang jelas untuk bersama sama dimusyawarakan sehingga kegiatan TMMD di Desa Senayan dapat sukses dan bermafaat bagi kesejahteraan masyarakat," harapnya. 

Untuk diketahui kegiatan TMMD ini merupakan kegiatan lintas sektoral,  dilapangan akan diturunkan Satgas TMMD yang terdiri dari anggota TNI (AD, AL ,AU) Polri dan Pemda serta masyarakat setempat. Dimana kegiatan akan dilaksanakan Pra TMMD bulan Juni serta pelaksanaan TMMD bulan Juli 2022 nanti yang akan dibuka secara serentak di seluruh Indonesia.

"Semoga dengan dukungan serta partisipasi aktif semua pihak khususnya masyarakat Desa senayan dapat menjadi peluang untuk suksesnya kegiatan TMMD nantinya serta berjalan dengan lancar dan aman serta bernilai manfaat bagi masyarakat setempat," pungkasnya.

Sasaran TMMD ini ada beberapa desa yang mengajukan atau berpartisipasi ingin mendapatkan program TMMD ini namun berbagai pertimbangan desa Senayan ini dipilih sebagai lokasi sasaran TMMD ke 114 ini. 

Kegiatan akan dilaksanakan pada bulan Juli nanti namun pihaknya akan melaksanakan Pra TMMD pada bulan Juni agar semua sasaran bisa terselesaikan dengan cepat. 

Selain sasaran fisik ada juga sasaran non fisik dalam bentuk penyuluhan malam hari sehingga masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif. Kegiatan sosialisasi merupakan bagian dari tahapan Program TMMD guna memberikan penjelasan tekhnis terkait pelaksanaan TMMD ini. 

"Saya bersama PU dan rombongan lainnya sudah melihat dan meninjau sasaran TMMD ke 114 beberapa minggu lalu.Yang perlu saya tekankan di sini kegiatan TMMD ini adalah Program pemerintah bukan proyek yang bertujuan untuk membangun dan membantu perekonomian masyarakat. Kegiatan ini akan dilaksanakan di seluruh indonesia , saya berharap mari kita sukseskan dengan sebaik baiknya," harap Dandim 

"Kegiatan Program TMMD ini dari kita dan untuk kita semua , kegiatan pra TMMD akan di mulai bulan Juni sementara pelaksanaan TMMD akan dilaksanakan pada bulan Juli 2022 nanti," ungkap Dandim.

Sebelumnya Kades Senayan H Junaidi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 1628/SB yang sempat hadir sekaligus memperkenalkan diri sebagai Dandim yang baru di KSB ini. 

"Kami atas nama masyarakat dan pemerintah desa menyampaikan rasa terima kasi atas adanya Program TMMD di desa kami, untuk itu mari kita sukseskan Program TMMD ini dengan sebaik baiknya," pungkas kades 

Sekcam Poto Tano Amrullah S, menyampaikan permohonan maaf dari Camat yang tidak bisa hadir dalam kegiatan ini.

"Kami atas nama pemerintah kecamatan menyampaikan apresiasi yang setinggi - tingginya atas dipilihnya wilayah kami untuk pelaksanaan TMMD ini. Saya berharap kepada kita semua dan kepada Kades serta masyarakat desa Senayan mari kita bersinergi dan mensukseskan program TMMD ini dengan sebaik baiknya," ungkapnya.

Sedangkan Kabid Bina Marga PU KSB Armayadi ST  mengatakan, pelaksanaan secara tekhnis akan dikerjakan oleh Dinas Perkim.

"Kami dari PU ada bagian tersendiri,  sebagai gambaran ada pembukaan jalan usaha tani kalau dihitung dari nilai proyek maka biayanya cukup besar namun program ini biayanya terbatas sehingga kita kerjakan secara gotong royong. Bila pembangunan jalan usaha tani lebih dari target maka hal itu bonus yang di berikan oleh anggota TNI / Satgas TMMD ini," ungkapnya.

Secara tekhnis pihaknya akan berada dilapangan sehari-hari, dibawah komando dari TNI, sehingga semua sasaran fisik kegiatan TMMD ini dapat di kerjakan dengan sesuai target dan hasil yang maskimal.

Sementara Kadis Perkim KSB H Tuwu S Ap juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dari Dinas Perkim KSB bersama satgas TMMD akan melakukan pembedahan atau bedah 5 rumah penduduk tidak layak huni di sasaran TMMD ini. 

Diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan aman untuk itu pihaknya berharap kerja sama yang baik, sinergitas sangat kita butuhkan guna mensukseskan program ini.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi program TMMD masyarakat dapat mengetahui dengan jelas teknis dan sasaran TMMD ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar