Mataram Masuk Kota Kreatif, Tiga Sektor Jadi Unggulan

Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana hadiri uji petik penilaian Kota Kreatif dari Kemparekraf.jpeg

KBRN, Mataram: Kota Mataram masuk dalam 69 kota kreatif yang akan bersaing dengan Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia. Hasil uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan tiga sub sektor unggulan di Mataram yaitu kuliner, kriya, dan fashion.

“Dari 17 sub sektor ekonomi kreatif yang ada, Kota Mataram lebih memberikan fokus terhadap tiga sector yaitu kriya, kuliner, dan fashion,” kata Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Minggu (22/5/2022).

Mohan menjelaskan, tiga sektor ini dianggap paling potensial berkembang tanpa mengecilkan potensi sub sector lainnya. Di mana ketiga sektor unggulan tersebut akan dikuatkan ekosistemnya dalam dua sampai tiga tahun kedepan.

Ia menambahkan, sector ekonomi khususnya sub suktor kuliner menjadi salah satu sector yang relative paling mampu bertahan bahkan berkembang di tengah pandemi Covid-19. Berdasarkan catatatan, bahkan ada beberapa yang omzetnya justru naik tajam.

Kebangkitan sub sektor kuliner ini diharapkan mampu berperan sebagai lokomotif yang juga menggerakkan sub sektor ekonomi kreatif.

“Pemerintah menaruh harapan besar, agar setelah membaiknya kondisi paska PPKM dan dengan mulai menggeliatnya kembali iklim pariwisata, perekonomian Kota Mataram kembali pulih menuju normal,” tegasnya.

Wali Kota berharap kepada para Pelaku Usaha Ekraf agar mampu merangkul pelaku lainnya serta mampu tumbuh menjadi pengusaha tangguh yang menginspirasi, tidak pelit berbagi ilmu serta berkeinginan kuat membantu pemerintah memperkuat komunitas, sehingga bisa meraih kemajuan bersama.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar