CPMI Lobar Banyak Berminat Kerja Di Malaysia

Foto RRI

KBRN, Lombok Barat : Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Barat mencatat jumlah Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal Lombok Barat yang ingin bekerja keluar negeri cukup tinggi  mencapai diatas 500 Orang CPMI tahun 2022. Jumlah tersebut   di dominasi negara tujuan Malaysia.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Barat, Sabidin menyatakan jumlah peminat itu dilihat dari banyaknya jumlah permohonan rekomendasi pembuatan Paspor Migrasi yang dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi kepada pihak Perusahaan Penyalur Tenaga Kerja Swasta yang resmi menjadi mitra Disnakertrans Lombok Barat.

“Dari jumlah 500 CPMI, didominasi Negara Malaysia,” Ucap Sabidin, Rabu (18/05).

Bahkan,  dimasa pelonggaran Protokol Kesehatan ada juga CPMI Lombok Barat melirik negara tujuan lainnya, seperti Jepang, Taiwan dan Hongkong.

Sementara itu, Disnaker dan Transmigrasi Lombok Barat, tetap melakukan pemeriksaan secara ketat berkas CPMI dengan proses seleksi dan administrasi.

“Kami tetap melakukan proses pemeriksaan dan seleksi administrasi bagi CPMI, agar semua beres dan tidak ada kekurangan,” bebernya.  

Pemerintah Lombok Barat juga secara resmi melalui program Government to Government  (G to G)   akan  membuka peluang bagi CPMI dengan Negara tujuan Jepang dan Jerman.

“Rencananya tahun 2023, akan mulai diberangkatkan,” jelasnya. (Pas.Joe/Ryan Muchdar)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar