Hari Pertama Event MotoGP Berjalan Lancar

KBRN, Mataram : PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/TheMandalika bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, bersyukurpelaksanaan event Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022 hari pertama Jumat (18/3) di Pertamina Mandalika Circuit, Lombok, NTB telah berjalan baik dan tanpa kendala.Agenda balapan yang sudah terlaksana hari ini adalah free practice Moto 3, Moto 2, MotoGP, dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC).

Walaupun saat pagi sempat hujan deras, namun kemudian hujan sudahberhenti dan cuaca sudah semakin cerah sehingga sesi free practice ini berjalan lancar. Kondisi lintasansirkuit juga dalam kondisi yang baik sehingga mendukung pembalap dalam melakoni sesi free practiceini.

Tercatat kecepatan tertinggi mencapai 311,2/km.Suasana penonton juga terpantau tertib dan kondusif serta mengikuti protokol kesehatan yang telahditentukan baik di area penonton non seating area, grandstand, VIP hingga di area penukaran tiket.

Pengaturan parkir kendaraan juga berjalan dengan baik sehingga tidak terjadi penumpukan penontonsaat memasuki area Sirkuit.

"Dapat kami informasikan bahwa berdasarkan hasil track inspection oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), Dorna Sports danIRTA pada hari Kamis (17/3), Pertamina Mandalika Circuit telah berhasil lolos homologasi grade A. GradeA adalah grade tertinggi yang dimiliki FIM dan juga berarti, sirkuit kami sangat layak untuk menggelarevent MotoGP. Hari ini telah dilaksanakan sesi free practice, dan kami sangat bersyukur, balapan haripertama ini dapat berjalan dengan lancar, tanpa kendala. Masih ada 2 hari penyelenggaraan, dan kamioptimistis akan berjalan sukses," kata, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.

Keberhasilan lolos homologasi Grade A ini tidak lepas dari sejumlah peningkatan fasilitas sirkuit yangdilakukan oleh ITDC bersama MGPA guna memenuhi prasyarat penilaian homologasi sesuai panduan FIM.

Sebelumnya, Pertamina Mandalika Circuit mendapatkan grade B pada saat penyelenggaran FIMMotul World Superbike (WSBK) tahun lalu. Peningkatan yang telah dilakukan adalah additional protective devices, track marking, verges and run-off areas, gravel beds, tyre barriers, turn signs, start lights, allalong the track, both sides, pit lane axit, starting grid, flag marshal posts, light panel and equipments, track marshal post and equipment, track maintenance, drainage system dan long lap penalty zone.

"Kami membawa event balap ini kembali ke Indonesia setelah penantian yangpanjang. Event MotoGP ini bukan hanya milik ITDC-MGPA saja, sehingga kami didukung oleh berbagaikementerian dan lembaga. Kami mengucapkan terima kasih kepada FIM, Dorna Sports, IMI serta seluruhpihak yang telah mendukung kami dalam penyelenggaraan event ini," tambahnya.

“Melihat pelaksanaan acara hari ini yang berlancarlancar, kami optimistis event bersejarah MotoGP yang kita tunggu selama 25 tahun dapat berjalan dengan sukses dan akan memberikan momen yang tidak terlupakan bagi pecinta balap tanah air yangmenyaksikan secara langsung di Pertamina Mandalika Circuit maupun menonton dari siaran televisi," sebut, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria.

“Lintasan sirkuit yang telah kami resurfacing dapat berfungsi dengan baik. Kami juga melihat semuaelemen pendukung balapan, khususnya Marshall, telah bekerja sesuai yang diharapkan. Sebagai informasi, sebanyak 300 Marshall yang bertugas dalam event ini merupakan putra daerah yang telah melalui pelatihan dan kami sangat berbangga, mereka semua telah menunjukkan kemampuan dan kualitaskerja yang sangat baik. Bisa dilihat saat Marc Márquez terjatuh tadi, marshall kami terlihat siap dansigap mengatasi hal tersebut,” terang Priandhi.

Balap hari kedua Sabtu (19/03) akan dimulai dengan qualifying untuk IATC, yang dilanjutkan dengan freepractice untuk Moto 3, Moto 2, dan MotoGP. Siang harinya akan diisi dengan qualifying untuk Moto 3dan Moto 2 masing-masing sebanyak dua sesi serta free practice 4 dan qualifying 1 & 2 untuk MotoGP.

Sementara itu, guna memenuhi kebutuhan penonton, ITDC Group telah menyediakan sejumlah fasilitasdi area inner Sirkuit seperti toilet, mushola, mobile ATM, hingga mini clinic. ITDC juga membuka Commercial Booth, antara lain penjualan official merchandise hingga food and beverage, dan food truck disejumlah titik.

Disamping commercial booth, juga terdapat booth yang menjual cinderamata khas Lombok yang berlokasi di dekat tikungan satu Sirkuit.

“Kami telah berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM,Pemerintah Provinsi NTB dan Pemda Lombok Tengah serta Bank Indonesia dalam penyediaan lahan dantenda bagi para pelaku UMKM. Hal ini kami lakukan guna mendorong usaha ekonomi kreatif lokal yangada di Pulau Lombok,” tambah Priandhi.

Selain event utama berupa balapan, penyelenggara juga telah menyiapkan side event untuk menghiburpenonton di sela balapan. Salah satu event yang disiapkan adalah festival musik BNI Mandalika MusicVibes yang digelar atas kerjasama ITDC dan BNI. Event yang berlangsung selama dua hari (19-20 Maret)ini, akan menampilkan sejumlah musisi top tanah air, diantaranya Slank, Padi Reborn, Maliq &D’Essentials, RAN, Pamungkas, Samsons, Feel Koplo, dan Ninda Felina.

Event ini akan digelar di panggung utama yang terletak di area inner circuit. Sembari menyaksikan hiburan musik, penonton dapatmenikmati berbagai kuliner di stand UMKM atau membeli merchandise di booth-booth yang berada diarea tersebut.

Selain itu, guna menambah semakin semaraknya penyelenggaraan MotoGP, juga digelar sejumlah eventlainnya di dalam kawasan The Mandalika. Event tersebut diantaranya Mandalika Tropical Festival padatanggal 19-20 Maret 2022 di Tanjung Aan, Festival Jajajan Bango tanggal 18-20 Maret 2022 di KutaBeach Park, Konser Mandalika Weekender pada tanggal 20 Maret 2022 di Pantai Kuta, Food Truck Festival pada tanggal 18-20 Maret 2022 serta, tidak ketinggalan Pameran UMKM Pemprov NTB dan Pemkab Lombok Tengah di Parkir Timur 1 Mandalika.

"Dengan semua hal yang telah kami persiapkan ini, kami berupaya mewujudkan sebuah event yangspektakuler dan menjadi kebanggaan bagi kita, bangsa Indonesia. Kami mohon doa dan dukungansemua pihak agar event balap motor internasional ini dapat berjalan lancar dan membawa manfaat yangbesar bagi masyarakat Lombok Tengah, NTB dan Indonesia,” tutup Abdulbar.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalahBadan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisatadi Indonesia.

Selama 48 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisataterpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik didunia. Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasanini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum,Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negaradengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasipariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan danmengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.

The Mandalika memiliki 16 km garispantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisataprioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya MandalikaInternational Street Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

ITDC merupakan bagian dari In Journey yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar