Inovasi Teknologi Penting dalam Proses Industrialisasi

KBRN, Mataram : Gubernur Provinsi NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menyatakan bahwa inovasi teknologi sangat berperan penting dalam proses industrialisasi walaupun merupakan sebuah topik yang kurang populer di kalangan masyarakat. 

Hal tersebut dikatakan Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB, saat memberikan sambutan pada acara Seminar Nasional Manajemen Inovasi (SEMAI) III Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) tahun 2022 secara virtual di ruang kerjanya, Rabu (26/1/2022).

“Meskipun inovasi teknologi ini merupakan unpopular topic, namun sebenarnya sangat berperan penting dalam industrialisasi,” tutur Bang Zul.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dalam manajemen inovasi, masyarakat akan semakin mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, leading kemudian evaluasi proses perjalanan panjang dari inovasi teknologi.

“Kita tidak mungkin menghadirkan kemajuan tanpa adanya industrialisasi, karena industrialisasi merupakan sebuah proses panjang untuk menambah nilai suatu produk. Untuk itu, salah satu syarat utamanya adalah dengan cara menghadirkan inovasi teknologi,” lanjutnya.

Oleh karenanya, inovasi teknologi sangat dibutuhkan untuk mengejar ketertinggalan Indonesia pada bidang teknologi dan Ilmu Pengetahuan. 

“Inovasi teknologi ini adalah kata kunci yang harus kita lakukan untuk menggesa ketertinggalan dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan,” kata Bang Zul.

Terakhir, Bang Zul berharap dengan adanya event-event seminar mengenai inovasi teknologi dan hadirnya program studi manajemen inovasi di UTS, nantinya dapat menyadarkan masyarakat bahwa banyak tugas besar yang menanti di kemudian hari.

 “Perjalanan panjang memang harus dilakukan dengan langkah pertama, dan langkah pertama itu seperti adanya seminar dan hadirnya program studi manajamen inovasi. Mudah-mudahan dengan hal tersebut bisa menyadarkan kita bahwa tugas besar menanti di kemuduian hari,” tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar