Jadikan Pekarangan Rumah Sebagai Sumber Daya Keluarga

KBRN, Mataram : Salah satu upaya untuk mendukung ketahanan pangan keluarga adalah dengan memanfaatkan pekarangan sebagai salah satu sumber pangan sehat dan lestari. 

Oleh karenanya, TP. PKK Provinsi NTB dalam salah satu program kerjanya mendorong para ibu rumah tangga untuk memanfaatkan pekarangan rumah, sehingga selain menjadi sumber pangan harian juga dapat menjadi sumber daya ekonomi yang bermanfaat bagi keluarga.

Hal tersebut sampaikan Ketua TPKK NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zukiflimansyah, saat memberikan sambutan pada pelantihan relawan inspirasi yang diselenggarakan oleh rumah zakat NTB, bertempat di BP PAUDNI dan Dikmas NTB, Mataram (26/1/2022).

Ditambahkan Bunda Niken sapaan akrab istri Gubernur NTB, saat ini masih banyak pekarangan-pekarangan rumah yang belum bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

"Dengan program ini, mudah-mudahan bisa meningkatkan pemahaman lebih banyak lagi kepada para ibu-ibu untuk  bagaimana cara memanfaatkan  dan mengoptimalkan pekarangan rumah masing-masing," harap bunda Niken.

Terhadap upaya ini, Bunda Niken juga mengakui bahwa pada praktiknya di lapangan para kader PKK di tingkat desa masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara mendapatkan bibit yang berkelanjutan. Karena itu, dibutuhkan dukungan intervensi dari pemerintah provinsi atau lembaga lainnya untuk mensukseskan program tersebut.

TP. PKK sendiri dalam peranannya kepada masyarakat selalu bekerjasama dengan dinas ketahanan pangan untuk mendapatkan bibit dan menyalurkannya langsung kepada masyarakat. Dengan adanya kerjasama rumah zakat  ini menjadi energi baru bagi TP.PKK dalam menjalankan program  terutama bagi kader PKK di tingkat desa.

"Bukannya masyarakat tidak mau melainkan mereka kesulitan untuk mendapatkan bibit cabe misalnya karena keterbatasan pemahaman dan bimbingan dari unsur terkait," ungkapnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar