Waspada, Gunung Rinjani Siaga Level II

Seorang pendaki sedang berfoto di puncak gunung Rinjani .jpg

KBRN, Mataram - Kondisi Gunung Barujari Rinjani masuk dalam katagori siaga level dua atau waspada. Melihat kondisi ini, masyarakat diimbau tetap berhati-hati, terutama yang sedang melakukan pendakian ke gunung Rinjani. 

"Update terkini data dari BMKG dan vulkanologi bahwa Gunung Barujari Rinjani masuk dalam katagori siaga level dua atau waspada," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Dedy Asriady, Senin (6/12/2021). 

Meski masuk siaga level dua, aktivitas pendakian di gunung Rinjani tetap dibuka. Namun, para pendaki diimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 1,5 km dari gunung Barujari. 

"Semeton Rinjani tetap tenang dan pantau terus informasi terupdate seputar gunung Rinjani di media sosial BTNGR," harap Dedy. 

Sebelumnya, sejak 29 November 2021, BTNGR telah menutup tiga destinasi wisata non pendakian. Diantaranya, air terjun jeruk manis, air terjun mayung Polak, dan air terjun mangku sakti. 

"Penutupan dilakukan hingga 31 Maret 2022 melihat kondisi cuaca ekstrem yang melanda NTB beberapa hari terakhir," jelas Dedy.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar