Banjir Dan Longsor Kepung Pulau Lombok

Banjir Dan Longsor Kepung Pulau Lombok .jpg
Banjir Dan Longsor Kepung Pulau Lombok .jpg
Banjir Dan Longsor Kepung Pulau Lombok .jpg
Banjir Dan Longsor Kepung Pulau Lombok .jpg

KBRN, Mataram : Hujan dengan intensitas tinggi disertai petir dan angin kencang mengguyur Pulau Lombok yang mengakibatkan beberapa tempat dilaporkan terjadi banjir dan longsor. Hujan terjadi sejak Minggu siang, namun, hujan dengan intensitas yang tinggi terpantau mulai terjadi sejak Senin dini hari (6/12/2021) hingga pukul 09.00 WITA.

Laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, banjir tertinggi terjadi di Kabupaten Lombok Barat yaitu di Kecamatan Gunungsari dan Batu Layar. Atas kejadian ini empat orang warga dikabarkan meninggal dunia, satu orang hilang dan enam orang luka-luka.

“Sementara warga yang terdampak diantaranya Desa Kekait 45 KK, Ranjok 252 KK, Sesela 125 KK, Guntur Macan 7 KK, Taman Sari 15 KK, Penimbung 61 KK,” ujar Kalak BPBD NTB, Sahdan dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/12/2021).

Kejadian banjir tidak hanya terjadi di Lombok Barat bagian Utara, namun terjadi juga di Lombok Barat bagian selatan yakni di Kecamatan Sekotong.  Banyak warga yang terjebak banjir, termasuk bayi dan lansia.

Selain terjadi di Lombok Barat, banjir juga dilaporkan terjadi di Sebagian titik di Kota Mataram. Sejumlah tempat yang berada di aliran Sungai Jangkuk terendam banjir hingga setinggi lutut orang dewasa.

Wilayah perumahan padat seperti Kekalik, Ampenan, dan Cakranegara juga tidak terhindar dari banjir ini. Air banjir tersebut juga menutupi ruas jalan yang mengakibatkan moda transportasi mengalami kemacetan.

Akses jalan menuju Senggigi dilaporkan macet parah akibat jembatan Meninting hampir putus dan penutupan jalan di Gunungsari. Jalan di kawasan Hutan Lindung Pusuk, penghubung Rembiga-Pemenang, juga kembali tertimbun longsoran matrial tanah dan bebatuan.

Selain Lombok Barat dan Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Tengah hingga Lombok Timur juga terdampak banjir karena intensitas hujan yang cukup tunggi dari kemarin.

Sekitar pukul 09.00 WITA, Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kabupaten/Kota telah diterjunkan ke lokasi banjir. Namun, banyaknya titik yang terendam banjir mengakibatkan akses bantuan menjadi terkendala. Pasalnya, semua Kabupaten/Kota di Pulau Lombok melaporkan terjadi banjir di daerahnya.

Selain itu juga Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah telah meninjau lokasi banjir di Kecamatan Gunungsari. Warga diimbau untuk mencari tempat aman dan untuk sementara waktu aliran listrik di beberapa tempat tersebut telah dipadamkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar