Dekranasda Award, Dorong Peningkatan Kreativitas dan Inovasi Pengrajin NTB

KBRN, Mataram : Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB menggelar Dekranasda Award 2021. Kegiatan ini untuk memberikan apresiasi kepada pengrajin daerah, atas sebuah hasil kreativitas dan inovasi dari karyanya.

"Dekranasda Award, sebagai apresiasi atas kreativitas pengrajin dalam berkarya dan mempromosikan potensi kerajinan (kriya) daerah," kata Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati, yang diwakili Hj. Lale Priyatni, M. Si, pada acara pembukaan sekaligus penilaian Dekranasda Award 2021, Sabtu (4/12/2021) di gedung Sangkareang kantor Gubernur NTB.

Menurut Wakil Ketua Umum Dekranasda NTB, Hj. Lale Priyatni, M. Si bahwa Dekranasda Award tahun 2021, dapat motivasi semangat para perajin, sehingga terus mengaupdate skillnya.

"Jangan berhenti berkarya, tingkatkan terus kemampuannya," ujar Ketua Persatuan Dharma Wanita NTB tersebut.

Diera sekarang, produk kerajinan bermunculan. Sehingga diharapkan juga acara ini dapat meningkatkan daya saing di pasar domestik maupun internasional.

Apalagi NTB sekarang menjadi pusat perhatian dunia, dengan berbagai event dan kegiatan Nasional hingga Internasional, kedepan akan banyak diselenggarakan di NTB.

"Termasuk MotoGP, akan menjadi magnet dikunjungi oleh ribuan orang, maka sebagai daerah pariwisata, kita harus siap," terang istri Sekda NTB.

Dekranasda Award 2021, di ikuti oleh, 44 kriya atau pengrajin se NTB, mulai dari Bima, Sumbawa, Mataram dan Lombok. Menampilkan 51 karya perajin.

Juri pada penilian ini dari SMKN 5 Kota Mataram.  Ada 3 juri yag spesifikasi kompetensinya menilai logam, kayu dan serat alam.

Kegiatan ini merupakan rangkian dari Lombok-Sumbawa Tenun Festival. Berlangsung sejak Oktober dan puncak acaranya  tanggal 11 Desember 2021. Hasil kriya pemenang juga akan diikutkan pada pameran "Dekranas Award" dan pameran Internasional lainnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua harian Dekranasda, Kadis Koperasi dan UMKM, Sekdis Perdagangan, pengurus Dekranasda NTB dan para perajin kriya NTB. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar