Idham Holik : Rakor Verpol 2024 Matangkan Metode Verifikasi Administrasi

KBRN, Mataram : Anggota KPU Republik Indonesia Idham Holik, menyebutkan bahwa Pendaftaran Partai Politik merupakan cara memanaskan mesin partai politik.

"Saat ini Partai Politik banyak yang mengapresiasi SIPOL KPU lebih baik dari Pemilu 2019 yang lalu, sehingga meningkatkan publik trust ke KPU. Ini tentu modal sosial untuk meningkatkan partisipasi masyarakat," ungkap Idham secara daring, pada Rapat koordinasi Persiapan Verifikasi Partai Politik (Verpol) Pemilu 2024, Sabtu (13/8) yang dihadiri seluruh Ketua, Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan, kasubbag Teknis Humas, dan operator SIPOL KPU se NTB.

Ia berharap dengan Rakor ini KPU Provinsi NTB mematangkan metode verifikasi administrasi ke seluruh satker KPU di NTB.

"Jangan sampai hanya untuk menggugurkan kewajiban bimtek berjenjang saja," imbuh idham.

Ia juga mengapresiasi inovasi KPU Provinsi NTB dalam mensosialisasikan tahapan Pemilu 2024. Dengan membuka seluas-luasnya keterlibatan masyarakat melalui media sosial.

"Saya amati media sosial KPU Provinsi NTB sangat kreatif dan inovatif. Saya berharap KPU kabupaten kota se NTB untuk mengikuti langkah KPU Provinsi NTB ini dan menjadi sumber inspirasi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi NTB Suhardi Soud mengatakan KPU kabupaten kota se NTB perlu menghitung jumlah SDM, sarana dan prasarana teknologi informasi dalam penerapan SIPOL.

Selain itu meminta KPU Kabupaten kota mengkonsolidasi organisasi setiap SDM untuk diperkuat termasuk semua Sekretaris, Kabag, Kasubbag dan staf harus paham Verpol.

"Jangan sampai tidak mengerti SIPOL atau bahkan tidak paham tahapan Verpol," tegasnya.

Sementara itu terkait sengketa hukum, kalau merujuk juknis, ada potensi sengketa  proses ke KPU nantinya. Sehingga hal ini harus di minimalisir, bila perlu nol sengketa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar