Banjir Rob Terjang Kepulauan Bajo

Beberapa anak kecil sedang bermain air didepan rumahnya, Rabu (18/5). Banjir Rob menjadi langganan warga Pulau Bajo di Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa Dompu, NTB.jpg

KBRN, Dompu : Banjir Rob setinggi lutut orang dewasa, menggenangi perkampungan padat penduduk di Pulau Bajo, Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Di Desa ini, terdapat 3 dusun yang berada dalam gugusan tiga pulau kecil dengan pemukiman padat penduduk.

Nur Salam, Kepala Desa Kwangko, mengatakan, Banjir Rob ini, terjadi setiap tahunnnya. Biasanya, terjadi pada asal muslim human, namun tahun ini justru terjadi saat akhir musim penghujan.

"Sebetulnya ini fenomena biasa, namun tahun ini yang terbesar," katanya, Rabu (18/5/2022).

Bahkan tidak hanya satu pulau, tahun ini banjir Rob juga terjadi di dua pulau yang lain. Namun ketinggiannya berbeda. Satu pulau mengalami yakni Kampung Bajo, yang memiliki ketinggihan hingga lutut orang dewasa.

Pantauan di lokasi, naiknya air rob ini, tidak membuat warga kawatir. Sebab,, banjir Rob ini tidak sampai masuk ke dalam rumah. Rata-rata rumah warga di tiga pulau ini, masih mengguanakan rumah panghung. Bahkan, kejadian banjir Rob ini justru dipakai mainan sama anak-anak.bermain perahu.

"Kita sudah terbiasa dengan kondisi ini. Maklum, kami memilki keturunan dari pelaut handal asal Bajo," kata Sharif warga setempat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar