KPA Bintuni genjot pelayanan pendampingan terhadap Odha

KBRN Bintuni Sekertaris Komisi penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Teluk Bintuni, Semuel Sebaru saat ditemui RRI diruang kerjanya jalan raya Bintuni Ruko panjang, mengatakan sejauh ini telah melaksanakan tugas dan perannya, dengan bekerja sama dengan pihak Dinas Kesehatan, rumah sakit umum daerah dan beberapa Puskesmas yang berada Bintuni, guna melakukan pendampingan serta memberikan edukasi dengan baik kepada orang yang sudah dinyatakan positif HIV-Aids (Odha). Kamis (5/12)

Selain itu Semuel juga menjelaskan pihaknya sudah membentuk panitia kerja (Pokja) dengan stekholder terkait, guna melakukan sosialisasi pentingnya menjaga serta pencegahan diri agar terhindar dari HIV-Aids, seperti pengambilan sempel darah guna pemeriksaan, dibeberapa lokasi yang dianggap sebagai lokasi proses penyebaran firus tersebut gampang menular. Sejauh ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan dari jenis firus HIV-Aids, "untuk Odha hanya bisa bertahan hidup guna kekebalan tubuhnya dengan mengkonsumsi obat secara rutin" terang Semuel.

Lanjut Semuel adapun yang dapat mengeluarkan data persentase dari seberapa banyak Odha yang ada yaitu Dinas Kesehatan, untuk diKabupaten Teluk Bintuni sendiri terkait penularan HIV-Aids masih dalam hubungan seks bebas, dari beberapa kategori penularan yang lainya. Tambah Semuel bahwa belum lama ini KPA Kabupaten Teluk Bintuni pula mendapatkan piagam penghargaan dari Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan atas peran aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-Aids di Provinsi Papua Barat lebih khususnya ditingkat Kabupaten Teluk Bintuni.

(Reporter : Wawan) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00