KPPN Bitung Serahkan DIPA 2020, Berharap Kegiatan Bisa Terlaksana Lebih Dini

KBRN, Bitung : KPPN Bitung menyelenggarakan kegiatan penyerahan DIPA Tahun 2020 pada 4 Desember 2020 di Aula KPPN Bitung. Acara diikuti oleh Kuasa Pengguna Anggaran satker mitra KPPN Bitung di Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Vicensia Retnasari, Kepala KPPN Bitung dalam sambutannya menyampaikan dana APBN 2020 yang dikelola oleh KPPN Bitung selaku Kuasa Bendahara Umum Negara di daerah sebesar 1,3 Trilyun, terdiri 796 Milyar Rupiah tersebar pada 65 DIPA satker instansi vertikal , dan 509 Milyar Rupiah dana transfer DAK Fisik dan Dana Desa bagi Pemda Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Dengan diserahkannya DIPA lebih awal diharapkan para satuan kerja segera melakukan langkah awal yang perlu untuk percepatan pelaksanaan anggaran antara lain: melakukan proses pengadaan, segera melakukan penunjukan pejabat perbendaharaan sebagai penanggung jawab kegiatan dan pengelolaan keuangan negara." tandasnya.

Pada kesempatan itu, disampaikan pula beberapa informasi yaitu antara lain Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dengan 12 (dua belas) indikatornya, di mana KPPN Bitung selaku BUN capaian IKPAnya s.d 4 Desember ini 95.25 lebih tinggi dibanding capaian nasional pada saat yang sama sebesar 91.12. Informasi lain yang disampaikan adalah terkait implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI), Sertifikasi Bendahara, Iuran BPJS, dan Jabatan Fungsional Bidang Perbendaharaan.

Disampaikan pula penghargaan atau award kepada satker2 dengan kinerja terbaik periode s.d Triwulan III 2019 dengan bobot IKPA dibawah 90% yaitu, PN Bitung, BNN Bitung, dan Kemenag Minahasa Utara. Dan untuk bobot IKPA di atas 90% diraih oleh KPPN Bitung, KP Bea Cukai Bitung, dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bitung.

Selanjutnya demi menjamin tegaknya integritas dalam pengelolaan APBN ditandatangani pula Pakta Integritas secara simbolis sebagai tanda dan komitmen KPPN dan satker mitra kerja dalam mencegah korupsi.

Pada akhir sambutannya, Kepala KPPN Bitung mengajak semua satker bersinergi melaksanakan tugas dan tanggung jawab, mengemban amanah melaksanakan APBN dengan kinerja terbaik. Together we can do more and the best, KPPN Bitung bersama mitra kerja Mengawal APBN Membangun Negeri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00