KPU Perbaharui Sipol, Warga Bisa Cek Nama Pakai NIK

KBRN, Manado : KPU memberi terobosan terkait dengan penggunaan aplikasi sistem informasi partai politik (sipol) pada proses pendaftaran parpol calon peserta pemilu 2024. Hal ini dikatakan Erik S. Sugeha, Kasubag Teknis dan Parmas KPU Kotamobagu, sabtu (6/8/2022).

Karena itu KPU membuat sebuah aplikasi untuk mempermudah masyarakat melakukan pencarian dan mengakses sipol, khususnya keanggotaan parpol.

"Sekarang warga bisa langsung mengecek sendiri nama apakah dirinya terdaftar atau tidak di sipol hanya dengan menuliskan nomor induk kependudukan (NIK) di aplikasi," ucap Erik.

Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggaraan pemilu pun menambahkan hal itu. Menurutnya, meski hingga kini sipol masih sebagai alat bantu namun keberadaannya memang sangat membantu parpol dan penyelenggara pemilu.

"Yang pasti format aplikasi sipol sekarang berbeda dengan pemilu 2019. Ke depan sipol tidak kaku lagi, tapi akan dimutakhirkan secara berkala sebagaimana halnya data pemilih yang selalu dimutakhirkan," tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar