Gelar Lomba Mancing Tingkat Dunia, Gubernur Olly Minta Dukungan Luhut Panjaitan

KBRN Jakarta: Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melakukan pertemuan dengan  Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Tujuan pertemuan tersebut Olly Dondokambey meminta dukungan Menko Marves untuk membangkitkan pariwisata Sulut di tengah pandemi.

Pertemuan  Gubernur Olly dengan Menko Luhut turut  didampingi Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap.

Pada kesempatan tersebut Olly  berharap Menko Luhut dapat mendukung Pemprov Sulut yang  akan menyelenggarakan kegiatan “PIALA PRESIDEN – Likupang North Sulawesi International Fishing Competition” yang direncanakan akan dilaksanakan pada Minggu Kedua Bulan September 2022, selama 3 hari di Kota Manado dan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara.

Selain menemui Menko Luhut, Olly juga sebelumnya telah menyampaikan surat untuk Menko Luhut melalui Menteri Kelautan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono terkait dukungan terhadap iven pariwisata di Bumi Nyiur Melambai.

Menurut Olly dalam surat tersebut, pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terpukul pandemi Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir.

Aspek yang paling terlihat adalah turunnya jumlah wisatawan mancanegara ke berbagai destinasi wisata di Indonesia yang berakibat pula pada turunnya pendapatan negara. Pemerintah melalui kementerian terkait berusaha untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dengan fokus kepada 5 destinasi wisata prioritas, salah satunya adalah Likupang.

Olly berharap melalui “PIALA PRESIDEN – Likupang North Sulawesi International Fishing Competition” dapat membantu meningkatkan kunjungan pariwisata dan juga meningkatkan pendapatan daerah, hingga menambah lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal.

Terlebih dengan keikutsertaan tidak kurang dari 500 peserta (pemancing) skala nasional dan internasional, seperti dari negara Singapura, Perancis, Jerman, Korea, serta Australia.

“Demi menyukseskan kegiatan tersebut, kami Pemerintah Sulawesi Utara dan Kompas.com memohon support dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam berbagai bentuk agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat memberikan dampak positif bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara serta Pemerintah Indonesia,” ungkap Olly.

Olly juga optimis kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi Kementerian terkait untuk ikut bersinergi membantu mengembangkan pariwisata dan perekonomian di daerah. Bahkan bisa juga sebagai sarana dalam menyampaikan dan melaksanakan program-programnya.

“Semoga bapak berkenan memberikan dukungan demi menyukseskan kegiatan ini,” harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar