Pemahaman Soal Politik Dan Ekonomi Dalam Pelayanan Gereja

KBRN,Manado:Politik Ekonomi dan lingkungan hidup adalah bagian dari tanggungjawab pelayanan dan penatalayanan gereja ditengah-tengah dunia. 

Pelayanan gereja dalam menatalayani segala sumber daya dan dana secara baik, tertib, teratur dan bertanggungjawab. 

Selain teologis tetapi juga pengelolaan sumber daya dan dana adalah aspek penting dan strategis untuk mencapai kemandirian atau kedewasaan gereja. 

Hal ini disampaikan Ir. Stefanus BAN Liow, MAP, ketika menjadi pemateri dalam kegiatan Katekisasi Tahap III Pelayan Khusus GMIM se Wilayah Mapanget Dua di Jemaat Bukit Sion Mapanget, (Sabtu 21/5). 

Senator Stefanus Liow Anggota DPD RI/MPR RI Dapil Sulut yang pernah menjabat Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2014-2018 dan saat ini Penasehat P/KB Sinode GMIM Periode 2022-2027 ini  mengingatkan bahwa penatalayanan yang baik, tertib dan teratur menjadi tanggungjawab gereja, termasuk Diaken, Penatua, Guru Agama dan Pendeta.

Penata-layanan adalah mulai dari membuat perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan evaluasi (pelaporan) sesuai dengan Alkitab dan komitmen pelayanan gereja. Dalam materinya yang dipandu Ketua BPMW Mapanget Dua Pdt Aneke Mamesah, Stefanus Liow mengidentifilasi masalah lingkungan hidup dan penyebabnya, hubungan antara gereja, ekonomi dan etos kerja, stigmatisasi dan problematika dalam politik disertai peran dan tanggungjawab gereja, didalamnya keterpanggilan Pelsus. Sejumlah peserta seperti Pnt Willem Mononimbar, SH dan Pnt Danny Kumayas, S.Sos memberikan apresiasi dan respon positif atas pencerahan materi yang terbilang aktualisasi dan konstekstual dari Senator Stefanus Liow. 

Bahkan Pnt Danny Kumayas yang adalah pensiunan birokrat dan mantan aktivitas secara terbuka memberikan testimoni bahwa sesungguhnya Senator Stefa  telah dan sementara melaksanakannya dengan gagasan dan program nyata. 

Dalam kepempinannya sebagai Komisi P/KB Sinode GMIM dan saat ini Anggota DPD RI/MPR RI, Senator Stefa menjabarkan kegiatan dibidang lingkungan hidup, ekonomi, pendidikan politik  dengan menjalin/membangun sinergitas berbagai stakholder. 

Selain Senator Stefanus Liow, tampil juga sebagai  pemateri adalah Wakil Ketua BPMS GMIM Bidang Ajaran dan Tata Gereja Pdt. Dr. Djolly Sondakh, M.PdK (Manajemen dan Kepemimpinan Gereja, dan Berkhotbah), Korbid Penggembalaan Sinode GMIM Pdt. Welly Pondaag, STh (Penggembalaan). 

Sementara itu, Ketua BPMW Mapanget Dua Pdt Aneke Mamesah, STh mengucapkan puji syukur kepada Tuhan karena kegiatan Katekisasi Tahap III  berlangsung dengan segala  baik disertai ucapan terima kasih atas materi dari Pdt Dr. Djolly Sondakh, M.PdK, Pdt Welly Pondaag, STh dan Ir. Stefanus BAN Liow, MAP.(Meiky Kodoati)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar