Kementan Siapkan Langkah Strategis Kawal Pangan Masa Depan

KBRN,Manado : Kementerian Pertanian melalui Inspektorat Jendral Kementerian Pertanian (Itjentan) menyiapkan langkah strategis dalam mengawal ketahanan pangan, tidak saja untuk masa kini, namun juga untuk masa depan.

Hal ini disampaikan Kepala  Karantina Pertanian Manado, drh. Donni Muksydayan MSi  sesaat menyambut kedatangan Inspektur Jendral Kementan, Dr. Jan S Maringka di Bandar Udara Sam Ratulangi, Sabtu (14/5) kemarin.

Donni menyampaikan, "Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari kegiatan ini. Terlebih pak Jan putra daerah asal Sulut," kata Donni melalui keterangan persnya, Minggu (15/5).

Irjen Kementan, Jan Maringka menyebutkan, dalam mengawal pangan masa depan, Itjentan telah meluncurkan program Jaga Pangan, Jaga Masa Depan.

Sulut dipilih meluncurkan program ini dalam rapat kerja sinergi pembangunan pertanian. Raker ini direncanakan akan dihadiri 300 orang peserta dari perwakilan BPKP Provinsi Sulut, Kejaksaan Tinggi  Provinsi Sulut, Kepolisian Daerah Provinsi Sulut, Dinas Pertanian dan Peternakan  dan Kesehatan Hewan, Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara, Balai Penelitian Kelapa dan Palma, BPTP, UPT Pertanian lingkup Kementerian Pertanian.   

"Tidak hanya  melakukan kegiatan audit saja, tetapi setiap pelaksanaan kegiatan harus menimbulkan dampak positif bagi stakeholder. Dengan demikian kepercayaan publik terhadap Itjentan dapat meningkat," kata Jan  menambahkan.

Raker dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Dijadwalkan juga panel diskusi dengan Kejati, Kepolisian dan BPKP Provisni Sulut dalam mendukung ketahanan pangan.

"Penyerahan benih unggul kelapa kepada petani, sekaligus pelepasan ekspor juga diagendakan," tutup Jan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar