Cinta Statistik :: Bupati JG Canangkan Desa Kawangkoan Sebagai Desa Cantik

KBRN, Minut - Desa Kawangkoan kecamatan Kalawat Minahasa Utara (Minut) menjadi satu dari 100 desa di indonesia yang terpilih dan ditetapkan sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) berdasarkan surat keputusan kepala BPS nomor 130 tahun 2021 tentang program percepatan pembinaan statistik sektoral.

Desa kawangkoan dengan luas 3,11 kilo meter persegi dan sebagian besar penduduknya adalah petani , berhasil menyisihkan ribuan desa dan kelurahan lainnya dengan capaian pengisian data sensus penduduk secara online 2020 dengan jumlah responden hingga 96 persen.

Pencanangan Desa Cantik untuk desa kawangkoan ini disahkan oleh Bupati Joune Ganda SE didampingi Wakil Bupati Kevin Lotulung SH MH dan Dihadiri Oleh Kepala BPS Sulut Asim Saputra , Sekda Ir Jemmy Kuhu.MM dan kepala BPS Minut, Kamis (6/5/2021).

"Dengan dicanangkannya desa kawangkoan sebagai desa Cantik atau desa cinta statistik maka ini menjadi satu kebanggaan bagi minahasa utara. Bayangkan 100 dari 74 ribu 957 desa dan kelurahan se indonesia, jadi ini luar biasa. oleh karena itu hal ini harus menjadi contoh bagi desa desa lainnya, diharapkan dapat menjadi tonggak dan pendorong bagi pembangunan desa yang berkelanjutan sesuai dengan terget SDG’s Desa" ungkap Bupati Joune Ganda SE.

Ganda menambahkan , apabila semua desa sudah jadi desa cantik maka informasi yang kita miliki itu lebih akurat.

" Untuk itu saya minta semua desa di minut meningkatkan keaktifan didalam pendataan bekerjasama dengan BPS, begitu juga dengan OPD dan dinas terkait agar data data tidak tumpang tindih , semua bisa sama keakuratan datanya, informasi yang disajikan, dirangkum dan informasi yang diterima bisa dipertanggung jawabkan. Ini juga bukan hanya data penduduk tapi soal perkerjaan, usaha, ekonomi bergerak dibidang apa, atau juga apakah didesa itu sudah atau belum menerima bantuan seperti irigasi, penerangan ,dimana yang rawan bencana, jadi semua harus detail," Tegas Bupati.

Sementara itu Hukum Tua desa Kawangkoan kecamatan Kalawat Eske Dendeng kepada KBRN menyebutkan Prestasi ini tak lepas dari bimbingan kepala daerah dan juga sikap masyarakat yang sangat kooperatif saat pendataan.

" Puji Tuhan desa kawangkoan bisa dicanangkan dan ditetapkan sebagai desa Cantik 2021. Terimakasih kepada bapak Bupati dan wakil bupati dan semua pihak yang sudah mensupport kami. Demikian juga bagi masyarakat yang luar biasa mensukseskan pendataan statistik secara online. Masyarakat sangat welcome ketika petugas mendatangi hingga ke tiap Jaga karena dalam menyediakan data secara lengkap dan akurat, aparatur desa harus dibekali dengan pemahaman statistik yang baik. Semoga dengan amanah ini desa kawangkoan akan mempertahankan gelar ini sambil tetap mengikuti setiap aturan yang ada," ucap Eske Dendeng.

Desa Kawangkoan memang memiliki potensi besar mulai dari kehadiran perusahaan industri dan konstrusi yakni PT Royal Cocunut dan PT Wijaya karya persero Tbk serta bakal menjadi desa tujuan wisata dengan adanya pembangunan bendungan kuwil.

(Day)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00