Balai Bahasa Provinsi Sulut Sukses Gelar Pelatihan Menulis Cerita Anak

KBRN, Tomohon: Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sukses menggelar kegiatan Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi Penulisan Cerita Anak Bahasa Melayu Manado di Kota Tomohon. 

Kegiatan ini pun resmi ditutup oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pemkot Tomohon, diwakili Sekretaris Dikbud Tomohon, Drs. Zetly Pontoan, didampingi Kepala Bidang Kebudayaan, Sonny Saruan. 

Ketua Panitia, Irene Rindorindo, menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan anggota pegiat literasi, komunitas dan Taman Baca Masyarakat (TBM) maupun para guru SD, terhadap proses penulisan cerita anak, agar para peserta lebih apresiatif, aktif dan kreatif. 

Irene Rindorindo

"Sehingga kelak lebih mencintai dan bersikap positif terhadap karya sastra, khususnya cerita anak. Selain itu, untuk mengenalkan kepada para pegiat literasi yang tergabung dalam komunitas literasi, mulai proses kreatif penulisan dan pengilustrasian cerita anak serta perjejangan buku," jelasnya. 

Ia pun membeberkan, setelah pelatihan, pihaknya akan mengumpulkan 15 tulisan terbaik untuk dicetak dan difasilitasi oleh Balai Bahasa Provinsi Sulut. 

"Sebelumnya di kota Bitung juga kami mengumpulkan 15 tulisan untuk dipilih dan diterbitkan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulut," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Dikbud Tomohon yang menutup kegiatan ini mengungkapkan, bahwa sesuai informasi kegiatan inu berjalan baik dan lancar.

Drs. Zetly Pontoan

"Literasi merupakan program prioritas Presiden Jokowi dengan program Literasi Nasional. Untuk itu Tomohon harus meningkatkan kemampuan literasi, tentu dengan bekerja sama bersama berbagai pihak," ujar Pontoan membacakan sambutan Kepala Dikbud Tomohon, Dolvin Karwur. 

Ia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada Balai Bahasa Provinsi Sulut yang bisa melaksanakan kegiatan ini di Tomohon. 

"Bangsa dengan literasi tinggi menunjukan kemajuan bangsa tersebut mampu berinovatif, berpikir kritis, sehingga bisa bersaing di kancah nasional maupun internasional," pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini dilaksanakan 23-25 Mei 2022, di Rumah Dinas Wali Kota Tomohon. Materi yang dipaparkan yaitu Dasar-dasar Penulisan Cerita Anak, Proses Kreatif Penulisan Cerita Anak dalam Bahasa Melayu Manado, Proses Pengilustrasian Cerita Anak, Desain Buku Cerita Anak, Panduan Umum Perjejakan Buku Non Teks Pelajaran, dan Perjejakan Buku untuk Pengguna Perbukuan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar