Manfaatkan Fasilitas Sekolah, SMP Negeri 1 Tomohon Gelar US Berbasis TIK

KBRN, Tomohon: Ujian Sekolah (US) jenjang SMP di Kota Tomohon mulai digelar. Diketahui, sesuai jadwal US dilaksanakan sejak 17 Mei 2022 hingga 23 Mei 2022. 

Ada yang menarik dari pelaksanaan US ini. Salah satu sekolah berprestasi di Tomohon menunjukkan inovasi dalam hal digitalisasi. Tak lain, ialah SMP Negeri 1 Tomohon. 

Terpantau, sekolah tersebut melaksanakan US berbasis TIK. Bahkan menurut informasi, sekolah ini merupakan satunya-satunya satuan pendidikan yang menerapkan hal tersebut. 

Kepada RRI Manado, Kepala SMP Negeri 1 Tomohon, Dra. Lilly Anita Helmy Mangoendap, M.Pd., mengatakan, bahwa pihaknya melakukan hal ini, untuk memanfaatkan fasilitas yang ada. 

"Ini dilakukan karena pertama, di sekolah alat-alatnya tersedia. Karena alat-alat itu sudah lengkap, yang difasilitasi oleh pemerintah kota Tomohon bahkan pusat, kami berpikir bahwa wajib menggunakan itu, supaya alat-alat ini ada gunanya," ujar Mangoendap. 

Sehingga, menurutnya bantuan dari pemerintah ini sangat bermanfaat bagi siswa dan SMP Negeri 1 Tomohon. 

Kepala SMP Negeri 1 Tomohon, Dra. Lily Anita Helmy Mangoendap, M.Pd.

"Tak hanya itu, dengan diterapkannya hal ini, nilai daripada peserta ujian tentu murni. Karena, setelah selesai satu mata pelajaran, hasilnya langsung diketahui," tambahnya. 

Ia pun berharap, kepada seluruh siswa SMP Negeri 1 Tomohon yang akan lulus tahun ini boleh melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. "Gapailah cita-cita setinggi mungkin, sehingga masa depan kalian boleh gemilang," asa Mangoendap. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon, Drs. Zetley Pontoan, saat meninjau langsung pelaksanaan US di sekolah tersebut, mengapresiasi langkah inovasi yang terus dilakukan SMP Negeri 1 Tomohon. 

"Memang kami memberi kesempatan sekolah untuk menerapkan seperti apa pelaksanaan US ini. Tapi mungkin namanya SMP Negeri 1 Tomohon sudah cukup dikenal, jadi mereka tidak mau ada di belakang. Maunya ada di depan," ujarnya. 

"Kami Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon tentu memberikan apresiasi kepada kepala sekolah dan seluruh guru-guru yang ada, karena sampai saat ini sekalipun kondisi pandemi mereka mampu terus berinovasi," tandas Pontoan.

Diketahui, peserta ujian di SMP Negeri 1 Tomohon berjumlah 351 siswa dengan rincian laki-laki 170 dan perempuan 181.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar