Sekilas Karir Doktor Sri Ratna Pasiak , ' Dari Kepulauan ke Daratan'

KBRN, Talaud :  Dr. Sri Ratna Pasiak, S.Pd, M. Pd , sosok srikandi asal Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara belum lama ini dipercayakan oleh Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wagub Drs.Steven O.Kandouw untuk mengemban tugas dan tanggung jawab  baru sebagai Kepala Bidang Pendidikan SMA di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. ( Kabid PSMA Disdikda Sulut ) 

Isteri dari Kepsek SMKN 1 Talaud Johnson Talumedun, S.Pd,.M.Pd ini  merupakan satu dari sekian wanita asal wilayah kepulauan terutara NKRI yang kariernya terbilang cemerlang dan sarat pengalaman di dunia pendidikan. 

Saat berbincang dengan RRI belum lama ini, Pasiak mengisahkan perjalanan karirnya sebagai seorang Guru PNS hingga jabatan fungsional maupun strukutural yang pernah diduduki. 

Karir pertama Pasiak sebagai seorang guru PNS berawal dari penugasannya di Provinsi Sulawesi Barat ( Pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan ), Kabupaten Mamasa.

Selama kurang lebih 19 tahun bertugas di Mamasa, Ketua PGRI Talaud ini meraih berbagai prestasi seperti dua kali terpilih atau meraih juara satu  Kepala Sekolah berprestasi tingkat Provinsi Sulbar. Tak hanya itu, Ibu tiga anak ini juga terpilih menjadi finalis guru berprestasi tingkat nasional. 

" Ini memberikan tiket bagi saya untuk berkunjung ke Sydney, Melbourne dan Canbera Australia dalam program pertukaran kepala sekolah berprestasi Indonesia," beber Pasiak

Di Tahun 2013, Sri memilih melanjutkan karir atau pulang kampung mengabdi  di Kabupaten Kepulauan Talaud  sebagai guru di SMPN 1 Melonguane selama kurang lebih 3 bulan sebelum dilantik sebagai Kepsek SMPN 1 Beo di masa pemerintahan Bupati Sri Wahyuni Maria Manalip - Wabup Petrus Simon Tuange. 

" Setelah kurang lebih 10 bulan menjabat Kepsek SMPN 1 Beo, saya dipercayakan menjabat Sekretaris Dinas Pendididikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Talaud oleh Ibu Bupati selama kurang lebih 6 sampai 7 bulan. Dari Sekretaris Disdikpora saya dipercayakan menjabat kepala sekolah SMKN 1 Gemeh di Bambung selama kurang lebih satu tahun,"katanya

Lebih jauh diungkapkan, setelah kurang lebih satu tahun menjadi Kepsek SMKN 1 Gemeh di Bambung, dirinya diangkat pemerintah provinsi menjadi  Kasubag Tata Usaha Cabang Dinas Pendidikan Daerah Sulut di Talaud. 

" Tahun 2016 Cabang Dinas Dikda berdiri dan saya menjabat sebagai KTU. Satu tahun menjabat KTU, saya kembali dipercayakan  menjabat sebagai Kepala Cabang Dinas Dikda Sulut di Talaud  selama kurang lebih 4 tahun, " urai pejabat yang dikenal akrab dengan awak media ini. 

Pada 30 Desember 2021, Dr. Sri Ratna Pasiak diberikan tugas dan tanggung jawab baru oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sebagai Kepala Bidang PSMA di Disdikda. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar