Mengenal Sosok Bhabinkamtibmas Gemeh

KBRN,Talaud: Dari sekian Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (BHABINKAMTIBMAS) Polres Kepulauan Talaud, ada satu Bhabinkamtibmas yang intens menggelar berbagai giat sesuai penugasan yang diberikan, Brigadir Oscar Dalita namanya.

Saat diangkat sebagai Bhabinkamtibmas Polres Kepulauan Talaud/ Polsek Gemehdengan 4  desa binaan yakni desa Taturan, desa Gemeh Wantane, desa Gemeh Raanmata dan desa Gemeh di Kecamatan Gemeh sesuai Keputusan Kapolda SulutNomor: KEP/237/VI/2020 tanggal 8 Juni 2020,  Brigadir Oscar langsung melaksanakan tugas yang dipercayakan kepadanya.

Dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, pembangunan dan ragam aktivitas kehidupan masyarakat di empat desa binaan, anggota Polri kelahiran desa Kiama 33 tahun silam ini  pro aktif dan sering melibatkan diri.

Adapun beberapa giat yang telah dan secara terprogram sudah atau sedang dilaksanakan diantaranya membuat kampung tangguh Sahetimbang desa Gemeh Wantane di masa Pandemi, membuat pos responsif atau rumah singgah Bhabinkamtibmas di 3 desa Binaan yakni Gemeh, Gemeh Wantane dan Gemeh Raanmata .

Tak hanya itu, Ayah dua anak ini turut membantu pemerintah desa dam masyarakat di desa Gemeh Wantane dalam pembanguan instalasi air bersih, memfasilitasi sekaligus membantu mengantar para pelajar atau peserta didik menuju sekolah yang dituju menggunakan kendaraan bermotor roda tiga merk Kaisar dan membantu masyarakat saat membangun maupun merenovasi rumah tinggal yang tak layak huni.

" Selain Intens mensosialisasikan protokol keskoehatan di masa pandemi Covid -19. Selaku Bhabinkamtibmas saya juga wajib mengawal jalannya kegiatan vaksinasi di Gemeh, mengawal dan monitoring kegiatan penyaluran bantuan baik itu BLT, BST  dan bantuan lainnya kepada warga desa binaan, " ungkap Dalita, Selasa (12/10/2021)

Diketahui, Berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol.KEP/8/II/2009 tentang perubahan buku petunjuk lapangan Kapolri No.Pol. :BUJUKLAP/17/VII/1997 tentang sebutan Babinkamtibmas (Bintara Pembina Kamtibmas)menjadi Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) dari Tingkat kepangkatan Brigadir sampai dengan Inspektur.

Sedangkan menurut Pasal 1 angka 4 Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat bahwa yang dimaksud dengan Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polmas di desa/kelurahan.

Sesuai pasal 26 Perkap No 3 tahun 2015 Bhabinkamtibmas memiliki fungsi Melaksanakan kunjungan/sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan, Membimbing dan menyuluh di bidang hukum dan Kamtibmas untuk meningkatkan kesadaran hukum dan Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM),  Menyebarluaskan informasi tentang kebijakan pimpinan Polri berkaitan dengan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas), Mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat, Memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan, menggerakkan kegiatan masyarakat yang bersifat positif,mengkoordinasikan upaya pembinaan Kamtibmas dengan perangkat desa/kelurahan dan pihak-pihak terkait lainnya, Melaksanakan konsultasi , mediasi, negosiasi, fasilitasi, motivasi kepada masyarakat dalam Harkamtibmas dan pemecahan masalah kejahatan dan sosial.

Sedangkan tugas pokok Bhabinkamtibmas  berdasarkan Pasal 27 Perkap Nomor 3 tahun  2015 adalah melakukan pembinaan masyarakat , deteksi dini dan mediasi/ negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa / kelurahan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar