Mensyukuri Hidup Lewat “Sebut Saja Senja”

KBRN,Manado: Senja adalah momen yang hadir hanya sebentar namun sangat indah. Bagi Asia 87 Band, ini adalah waktu yang paling nikmat untuk mensyukuri hidup.

Perjalanan sembilan sahabat yang tergabung di ASIA 87 Band terus berlanjut. Kali ini Rini (vokal), Tanti (vokal), Boy (vokal), Arie (vokal), Ivan (gitar/ backing vokal), Stanley (drum), Mirza (keyboard), Budi (keyboard), dan Qwill (bass)  berkarya bersama dan menelurkan debut album penuh berjudul “Sebut Saja Senja”. Berisi 8 lagu, album yang mengedepankan tema “bersyukur” ini siap dirilis pada 1 Desember 2021.

Setelah sebelumnya merilis single Sahabat, Bila ini Sujud Terakhirku, Lebaran yang Berbeda, dan Izinkanlah Kuucapkan Selamat Pagi, kali ini ASIA 87 Band merilis Sebut Saja Senja, sebuah single yang sekaligus dijadikan judul album penuh pertama mereka.

Lagu ini dipilih sebagai judul album karena lirik di dalamnya dianggap sebagai yang paling merepresentasikan pesan yang ingin disampaikan lewat barisan karya di album ini: bersyukur.

“Senja itu momen yang hadir hanya sesaat tapi sangat indah. Setelah melewati proses pagi, siang, dan sore, kehadiran senja sangatlah pas sebagai momen untuk kita mensyukuri seluruh perjalanan yang telah kita lalui,” buka Mirza, sang penulis lagu.

“Lagu ini sebenarnya menceritakan tentang perjalanan hidup manusia dari mulai lahir hingga nanti waktunya akan selesai. Di mana kita harus selalu mensyukuri setiap momen, dan menyiapkan segalanya sebelum habis masa. Perjalanan ini dikamuflasekan dengan waktu: matahari terbit, terbenam, hingga munculnya rembulan. Kata senja di sini juga bisa diartikan sebagai usia lanjut,” sambungnya.

Ngomongin usia, personil ASIA 87 Band memang bisa dibilang sudah tidak muda lagi. Meski begitu, hal ini sama sekali tidak menghalangi produktivitas mereka untuk berkarya. Bahkan meski harus mencari waktu di sela-sela kesibukan mereka masing-masing di luar musik. 

Musisi bukanlah profesi utama para personil ASIA 87 Band. Sebagian besar personil ASIA 87 Band adalah pengusaha dan eksekutif profesional di berbagai bidang. Namun, karena ketertarikan yang sama di bidang musik, akhirnya para sahabat sejak SMA ini bersatu dan berkarya bersama membuat album musik.

Seluruh lagu di album ini diakui memiliki kaitan erat dengan keseharian dan kehidupan personil Asia 87 Band. Semua lirik dan temanya mengandung muatan positif dan ajakan untuk senantiasa bersyukur.

Tema positif ini terpancar dari satu-satunya lagu cover version yang ada di album ini: Ayunkan Langkah. Lagu milik Yopie Latul ini mereka pilih karena memang lirik lagunya yang dekat sama keseharian mereka dan sekali lagi: memiliki vibe yang sangat positif.

“Secara general ini adalah lagu yang sangat optimis. Apapun masalah yang kita hadapi, kita harus melangkah. Nggak mungkin kan orang bisa sukses dengan hanya berdiam diri?” ujar Mirza.

Well, aura positif dan optimis memang terpancar dari barisan lirik dan tema di keseluruhan lagu di album ini. Lantas, bagaimana harapan mereka dengan album ini?

“Album ini bisa dibilang merupakan aktualisasi diri kami untuk coba masuk ke industri ini dengan karya sendiri, dengan satu gaya sendiri. Masalah diterima atau nggak itu suatu hal yang tidak bisa kita kontrol. Tapi dengan kita coba memberanikan diri kita sudah cukup dan puas,” kata Arie.

“Mudah-mudahan bisa diterima, tapi dengan bisa ikut meramaikan aja kita udah senang dan lebih dari cukup,” ungkap Tanti, yang langsung diamini oleh personil lainnya.

Sauh sudah diangkat, layar sudah terkembang, dan kapal siap berangkat. Semoga perjalanan ASIA 87 Band bersama “Sebut Saja Senja” bisa menemukan tempat berlabuh yang indah di setiap hati para penikmat musik, bukan hanya sekadar melodi yang tersusun tetapi juga seluruh pesan positif yang terkandung di dalamnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar