17 Tahun Perjalanan KOTAK Menghentak Indonesia

KBRN,Manado: 27 September 2021 Group Musik Kotak genap berusia 17 tahun. 17 Tahun adalah masa transisi dari remaja menuju awal dewasa. Sweet Seventeen kita menyebut dan merayakannya, di saat duduk di bangku SMA.

Untuk sebuah band dan grup musik, perjalanan 17 tahun bukanlah perjalanan yang singkat. Pencapaian dan prestasi diraih dengan melewati banyak tantangan dan lika-likunya. Tidak terkecuali untuk KOTAK, grup yang dibentuk di 27 September 2004 dan di tahun ini akan memasuki usia 17 tahun kiprah mereka di industri musik Indonesia.

Formasi KOTAK saat ini adalah Tantri (Tantri Syalindri Ichlasari) di vocal, Chua (Swasti Sabdastantri) di bass dan Cella (Marion Marcella) di lead guitar. Bukan formasi awal, melainkan yang ketiga dan merupakan formasi paling solid yang sudah berjalan lebih dari 13 tahun lamanya. Wajib dan harus selalu kompak, demi Kerabat KOTAK (sebutan untuk fans KOTAK) yang ada di seluruh Indonesia bahkan luar negeri sana.

Single pertama KOTAK “Sendiri” dirilis dalam format kompilasi berjudul “The Dream Band: Delapan”. Di tahun 2006 mereka merilis album pertama dengan judul “KOTAK”, lalu merilis album “Kotak Kedua” di tahun 2008 dan “Energi” di tahun 2010. Total hingga saat ini ada 10 album yang sudah dirilis KOTAK. Album teranyar mereka berjudul “Identitas” yang dirilis September 2020 dan “Identitas (Live)” yang dirilis di minggu lalu.

Lagu-lagu KOTAK tak lekang oleh waktu. Bahkan di beberapa minggu terakhir ini, lagu KOTAK berjudul “Haters” menjadi popular sound di TikTok. Sementara lagu berjudul “Merah Putihku” dan “Tanah Airku” jumlah stream di Spotify naik secara signifikan di minggu dan bulan Kemerdekaan Indonesia di 17 Agustus lalu.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih KOTAK di antaranya, Anugerah Musik Indonesia, Social Media Awards, SCTV Music Awards, MTV Awards Indonesia, dan sederet penghargaan bergengsi lainnya. Penghargaan didapatkan KOTAK untuk single, album, dan personelnya. Menjadi bukti bahwa eksistensi KOTAK selama ini diapresiasi dengan baik oleh pecinta musik dan industri musik di Indonesia.

Merayakan hari jadi KOTAK ke-17, di bulan September ini ada beberapa kegiatan yang sedang dan akan dilakukan oleh KOTAK dan melibatkan Kerabat KOTAK tentu saja. Di antaranya Tantri, Chua, dan Cella akan bercerita tentang “Top 17 Tracks dari KOTAK”, lalu akan ada “Playlist Competition” di Spotify, dan “Fandom Competition” di TikTok dan Instagram. Di tanggal 27 September 2021 nanti KOTAK akan mengadakan syukuran secara virtual bersama KERABAT Kotak seluruh Indonesia. Juga KOTAK akan memberikan donasi dalam rangka mendukung salah satu social movement di Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00