Mengenal Sosok dan Dedikasi Dokter Fahmi, Kepala Balai Pengobatan Lanal Terutara NKRI

KBRN,Talaud : Selama program pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, baik itu pendisiplinan protokol kesehatan bagi  kapal-kapal penumpang yang berlayar ke Talaud, pendisiplinan para penumpang yang turun di beberapa pelabuhan utama, kegiatan pengawasan PPKM ataupun program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah, nama Lettu Laut (K) dr. Fahmi Henggar P. yang menjabat sebagai Pgs Ka Balai Pengobatan Lanal Melonguane menjadi cukup dikenal oleh masyarakat di perbatasan.

Dokter yang merupakan perwira muda TNI matra laut yang humanis ini selalu dilibatkan dalam berbagai kegiatan pencegahan Covid-19 oleh Komandan Lanal Melonguane. Tak hanya kegiatan di sekitar kesatrian Mako Lanal Melonguane yang berada di Pulau Karakelang, kegiatan tersebut juga menjangkau pulau-pulau kecil terdepan seperti Pulau Miangas, Pulau Marampit, Pulau Kakorotan dan lain-lain. Bersama Danlanal Melonguane dan prajurit Lanal Melonguane lainnya, perwira muda dengan korps kesehatan ini tak jarang harus mengarungi lautan luas untuk menjangkau pulau-pulau tersebut demi untuk membantu memberikan pelayanan bagi masyarakat perbatasan.

Tak hanya itu, daerah-daerah yang cukup jauh yang berada di Pulau Karakelang pun dijangkau oleh yang bersangkutan dengan kendaraan darat guna mendukung daerah yang kekurangan dokter atau tenaga kesehatan.

Walaupun Perwira muda korps kesehatan yang naik pangkat dari Letda ke Lettu pada 1 Oktober lalu masih muda, yang bersangkutan sudah cukup pengalaman dalam penugasan di daerah-daerah yang jauh dari Ibukota. Selain pernah berdinas di Dinas Kesehatan TNI AL dan juga RSDC Wisma Atlet Jakarta, ia juga pernah bertugas di RSAL dr. R. Oetojo Sorong Papua dan saat ini berdinas di Balai Pengobatan Lanal Melonguane. Dengan pengalaman penugasan di RSDC Wisma Atlet Jakarta pada saat masa tingginya kasus Covid-19 di wilayah Jakarta dan sekitarnya, maka yang bersangkutan sudah memiliki pengalaman yang cukup sebagai bekal penugasan di BP Lanal Melonguane guna mendukung program  pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19 di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud yang merupakan daerah perbatasan.

Selama berdinas di Lanal Melonguane pun ia tak hanya aktif setiap hari memberikan pelayanan kepada prajurit Lanal Melonguane dan keluarga, namun juga sering dan bahkan rutin terlibat dalam tugas-tugas kemanusiaan atau bhakti kesehatan kepada masyarakat, baik terkait pelayanan kesehatan secara umum maupun dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19 seperti Serbuan Vaksinasi Maritim ataupun vaksinasi reguler.

Bahkan pengabdian tersebut dilakukan secara konsisten tanpa kendor di saat-saat menjelang akhir masa jabatannya di Lanal Melonguane.

Berkaitan dengan profil yang bersangkutan, Letkol Marinir Adi Sucipto,S.T.,M.Tr.Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane mengaku sangat bangga.

“Dedikasi, semangat, integritas dan juga jiwa pengabdian yang tinggi dari yang bersangkutan baik kepada dinas maupun kepada masyarakat sangat baik dan patut dicontoh. Sejak masa awal pandemi Covid-19 hingga saat ini, ybs selalu aktif terlibat dalam berbagai kegiatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19, baik di lingkungan internal Lanal Melonguane maupun di lingkungan masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud. Saya selaku atasan yang bersangkutan merasa sangat bangga. Semoga pengalaman penugasan atau kedinasan di Lanal Melonguane dapat menambah bekal yang bersangkutan di penugasan-penugasan berikutnya di satuan yang baru. Saya sangat yakin, dengan berbagai pengalaman yang berupa berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi saat melakukan tugas di daerah perbatasan ini, akan sangat bermanfaat bagi yang bersangkutan di kemudian hari,” ujar Danlanal Melonguane, Sabtu (16/10/2021). 

Mengutip pernyataan yang pernah disampaikan kepada Danlanal Melonguane, Lettu Laut (K) dr. Fahmi Henggar P. menyampaikan ucapan terima kasihnya  atas segala bimbingan, arahan dan dukungan yang telah diberikan oleh Danlanal maupun oleh keluarga besar Lanal Melonguane. Ia pun tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud serta berbagai pihak yang telah bekerjasama, antusias dan sinergi dalam melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di wilayah perbatasan di beranda Utara NKRI ini.

Mengakhiri pernyataannya, Komandan Lanal Melonguane yang sebentar lagi juga akan mengakhiri masa pengabdiannya di wilayah perbatasan terutara NKRI ini menyampaikan harapannya  semoga masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud dapat benar-benar terbebas dari ancaman Covid-19 sehingga roda perekonomian dan pembangunan di segala bidang dapat melaju dengan pesat yang pada akhirnya memiliki ketahanan yang kuat di segala sektor.

“Tanda’su Laudu Sawanna, Benteng Kokoh di Perairan Nusa Utara” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar