Danlanal Melonguane Pimpin Prajuritnya Sambut KRI Bima Suci di Miangas

KBRN, Miangas : Kedatangan kapal KRI Bima Suci di Pulau Miangas yang membawa Taruna dan Taruni Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) pada Pelayaran Latihan Kartika Jala Krida (KJK), Sabtu (28/11/2020)  disambut Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr.Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane beserta Ketua Cabang 7 Korcab VIII Jalasenastri Lanal Melonguane Ny. Lentina Adi Sucipto, prajurit Lanal Melonguane termasuk anggota Posal Miangas, perwakilan pejabat Pemda Kabupaten Kepulauan Talaud, unsur TNI-Polri yang berada di Pulau Miangas serta tokoh adat dan masyarakat Miangas.

Guna pengamanan dan menyambut kedatangan KRI Bima Suci tersebut, Danlanal Melonguane mengerahkan KAL Pulau Karakelang II-VIII-30, Searider beserta Tim Laut Second Fleet Quick Response (SFQR) Lanal Melonguane dari Mako Lanal yang berada di Melonguane Pulau Karakelang. Pengamanan dan penyambutan KRI Bima Suci dilaksanakan sejak berada di perairan Miangas hingga para rombongan tiba di dermaga Miangas.

Setibanya di dermaga Miangas, Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla  (Komandan KRI Bima Suci) beserta rombongan termasuk perwakilan Taruna dan Taruni AAL disambut secara adat oleh Mangkubumi Miangas ( Ratumbanua )  dan diterima oleh Danlanal Melonguane beserta pejabat daerah yang hadir.

Setelah penyambutan di dermaga Miangas, rombongan Komandan KRI Bima Suci beserta perwakilan Taruna dan Taruni AAL melakukan kunjungan ke Posal Miangas dimana beberapa prajurit Lanal Melonguane bertugas menjaga perbatasan di wilayah paling utara NKRI. Kunjungan rombongan Komandan KRI Bima Suci di Posal Miangas disertai dengan penyerahan bantuan sembako kepada anggota Posal Miangas, pertukaran cindera mata antara Komandan KRI Bima Suci, Perwira Pengasuh Taruna AAL, Danlanal Melonguane dan perwakilan pejabat Pemda Kabupaten Kepulauan Talaud dan dilanjutkan dengan acara diskusi dan ramah tamah secara santai. 

Rangkaian kegiatan kunjungan diakhiri dengan acara foto bersama di beberapa tempat/situs ikonik di Pulau Miangas yang merupakan pulau kecil terluar di wilayah paling utara NKRI yang wilayah lautnya berbatasan dengan negara Filipina.

Setelah selesai melaksanakan kunjungan di Posal Miangas, rombongan Komandan KRI Bima Suci termasuk Taruna/Taruni AAL kembali ke KRI Bima Suci yang mengapung di perairan depan dermaga Miangas dengan menggunakan dua sekoci dengan dikawal oleh Tim SFQR Laut Lanal Melonguane. Setelah seluruh awak dan sekoci naik, KRI Bima Suci kemudian melanjutkan pelayarannya menuju Sorong.

Pelepasan di lakukan dari darat maupun dari laut oleh Danlanal Melonugane beserta prajuritnya dan para pejabat perwakilan di daerah.

Berkenaan dengan kunjungan KRI Bima Suci yang membawa Taruna dan Taruni AAL ke Pulau Miangas tersebut, Letkol Marinir Adi Sucipto,S.T., M.Tr. Hanla menyampaikan rasa senang dan bangganya karena selain melakukan kunjungan, rombongan KRI Bima Suci juga memberikan perhatiannya terhadap para prajurit TNI Angkatan Laut yang bertugas di pulau kecil terluar di wilayah perbatasan yang dihadapkan dengan berbagai keterbatasan saat melaksanakan tugasnya.

 " Walau pun kunjungan tersebut hanya sebentar, saya yakin bahwa para Taruna dan Taruni AAL yang turut berkunjung akan mendapatkan pengalaman dan kesan yang baik dimana nantinya akan sangat bermanfaat bagi para calon Perwira TNI Angkatan Laut tersebut," ujar perwira menengah dari  Korps Marinir ini

Lanjut katanya,  apabila saat menjadi Taruna sudah diberikan pengalaman pelayaran dan meninjau berbagai daerah di Indonesia, termasuk di pulau-pulau terluar, maka sedikit banyak mereka nantinya sudah memiliki gambaran bagaimana tantangan penugasan yang akan mereka hadapi kelak saat menjadi Perwira dan bertugas di lapangan di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di wilayah perbatasan. 

" Suatu saat di antara mereka kemungkinan ada yang akan menjadi penerus saya menjadi Danlanal Melonguane yang akan memimpin prajurit TNI Angkatan Laut dengan wilayah kerja berupa daerah kepulauan dengan laut yang luas di wilayah perbatasan ini dan dengan pengalaman mereka yang sudah pernah berkunjung serta melihat dan mengalami langsung bagaimana tantangan tugas yang ada, saya yakin nantinya mereka bisa akan lebih baik dan tangguh,"pungkas Danlanal Melonguane. ( RT ).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00