Monitoring Sistem Pendidikan Tatap Muka di Pebatasan NKRI Filipina Didukung Lanal Melonguane

KBRN, Talaud : Dalam rangka mengimplementasikan 8 Wajib TNI terutama yang ke-8, menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya serta memenuhi jati dirinya sebagai Tentara Rakyat terutama saat negeri ini di landa wabah Covid-19, Lanal Melonguane yang merupakan Garda Laut Nusa Utara di wilayah perbatasan telah melaksanakan berbagai kegiatan sebagai upaya  pencegahan dan penanggulangan dampak bencana Covid-19 di wilayah Kabupaten paling utara NKRI yaitu Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selain aktif dalam kegiatan pengawasan, pemeriksaan dan pengamanan para penumpang di setiap pintu masuk/pelabuhan dalam rangka penerapan protokol Covid-19 yang telah dilaksanakan secara konsisten selama lebih dari setengah tahun ini tanpa terputus, penertiban protokol kesehatan bagi para pengguna laut baik penumpang dan penyedia jasa angkutan laut (KM, KMP, speed boat, perahu, dll), pemberian bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19, melaksanakan program ketahanan pangan guna mengantisipasi dan mitigasi dampak akibat wabah Covid-19, Lanal Melonguane juga turut berperan dalam mitigasi dampak bencana Covid-19 di sektor pendidikan.

Selain menyediakan tempat belajar dan rekreasi di alam terbuka untuk para pelajar di sekitar Lanal Melonguane belajar secara daring yang dilengkapi wifi gratis, program Duta Covid-19 beberapa waktu yang lalu yang melibatkan siswa dari tingkat TK sampai dengan SLTA, hari ini Komandan Lanal Melonguane bersama jajaran Forkopimda lainnya mendukung kebijakan pemerintah pusat dan daerah untuk menyelenggarakan sistim pendidikan tatap muka dengan cara melaksanakan monitoring dan pengawasan terhadap kesiapan sekolah-sekolah di Kabupaten Kepulauan Talaud dalam menyelenggarakan protokol kesehatan  guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Dalam melaksanakan kegiatan monitoring tersebut, Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr.Hanla selaku Danlanal Melonguane membawa tim kesehatan secara lengkap beserta Letda Laut (K) dr. Fahmi Henggar Prasetyo selaku dokter dari Balai Pengobatan Lanal Melonguane, Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar), peralatan kesehatan pencegah penyebaran Covid-19 maupun APD yang disumbangkan kepada pihak sekolah.

Selain melaksanakan pengecekan kesiapan sekolah, Danlanal Melonguane juga menyempatkan tatap muka dengan para siswa/siswi di kelas-kelas untuk memberikan motivasi dan semangat belajar serta memberikan pembekalan tentang arti pentingnya menjaga kesehatan terutama dari bahayanya penyebaran Covid-19 demi masa depan para siswa/siswi tersebut. 

Kegiatan tersebut juga dilengkapi dengan penjelasan tentang apa dan bagaimana bahaya Covid-19 oleh Laut (K) dr. Fahmi Henggar Prasetyo serta penjelasan dan praktek cara cuci tangan yang baik dan benar kepada seluruh siswa/siswi. Acara ditutup dengan pemberian bantuan beberapa peralatan/perlengkapan APD kepada Kepala Sekolah oleh Danlanal Melonguane. ( RT ).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00