Dukung Ketahanan Pangan di Miangas, Lanal Melonguane Kirim Modul Instalasi Hidroponik

KBRN, Talaud :  Dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Pulau Miangas yang merupakan pulau terdepan di wilayah perbatasan paling Utara NKRI, terutama terkait pemenuhan kebutuhan masyarakat akan sayur mayur, Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr.Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane memutuskan untuk mengirim modul instalasi hidroponik lengkap dengan peralatan pendukungnya serta beberapa bibit sayuran untuk ditanam.

Berkenaan dengan hal tersebut, Danlanal Melonguane menyampaikan bahwa selama masa penyebaran Covid-19 cukup banyak berdampak negatif bagi masyarakat terutama yang berada di wilayah kepulauan yang berada di perbatasan yang jauh dari pulau-pulau besar.

 Minimnya sarana transportasi laut yang mengangkut berbagai komoditas kebutuhan masyarakat menjadikan berbagai kebutuhan masyarakat menjadi langka dan mahal, termasuk masalah kebutuhan sayur mayur bagi masyarakat.

" Pulau Miangas yang merupakan pulau kecil menjadikan terbatasnya lahan pertanian dan perkebunan bagi penduduk, sehingga untuk mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari, mereka masih tergantung dengan suplai dari pulau-pulau besar. Apabila kapal jarang masuk, maka salah satu komoditas yang mengalami lonjakan harga yang tinggi adalah sayur mayur," ujar Pemegang tongkat komando prajurit Matra Laut di wilayah perbatasan Indonesia - Philipina ini, Minggu (26/7/2020).

Menyikapi kondisi yang demikian, maka Danlanal Melonguane yang telah beberapa kali mengunjungi Pulau Terdepan di utara NKRI tersebut mencoba mencarikan solusi untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan mempelopori sistem tanaman hidroponik yang nantinya sebagai pilot projek berada di Pos Pengamat TNI Angkatan Laut (Posal Miangas).

" Sistim hidroponik ini untuk mengatasi keterbatasan luas lahan dan juga kondisi tanah yang kurang baik untuk bercocok tanam.  Kita beri contoh, selanjutnya nanti Camat dan Kepala Desa bisa menggerakkan masyarakat untuk mengembangkannya. Masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumah yang tidak teralu besar untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik," jelas pria yang gemar olahraga perairan ini

Mengakhiri pernyataannya, Perwira Menengah Korps Marinir berpangkat Letkol ini menyampaikan harapannya semoga sistem hidroponik ini bisa berhasil dan nantinya dapat dikembangkan lebih lanjut untuk mengatasi permasalahan keterbatasan lahan untuk ketahanan pangan di Pulau Miangas yang merupakan wilayah kerjanya.

Ia juga berpesan dan memberikan penekanan kepada jajarannya yang berada di Posal Miangas untuk benar-benar melaksanakan program tersebut dengan baik sehingga nantinya bisa berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di Pulau Terdepan di wilayah perbatasan paling utara NKRI tersebut. ( RT )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00