Danlanal Melonguane Dan Dandim 1312/Talaud : Paskibra Talaud Berpeluang Menjadi Prajurit TNI

KBRN, Talaud : Paskibra Talaud berpeluang menjadi bagian pajurit TNI-AL dan TNI-AD usai mereka menyelesaikan sekolah tingkat Atas (SMA) atau Kejuruan (SMK).

Pelatihan fisik dan ukuran postur tubuh semasa mengikuti Paskibra juga menjadi salah satu bagian tes saat ikut seleksi masuk penerimaan TNI.

Danlanal Melonguane, Letkol Laut (P) Glory Syaranamual saat memberi pembinaan pada pengukuhan Paskibra Talaud menjelaskan, dari niat pribadi Paskibra akan sangat mempengaruhi pada seleksi  penerimaan nanti.

"Yang mau masuk TNI coba angkat tangan, Kalian Paskibra sangat berpeluang menjadi bagian Prajurit TNI, namun tetap harus melalui seleksi tes penerimaan. Fisik, wawasan kebangsaan, bela negara dan kedisiplinan sudah didapat saat seleksi paskibra, tinggal menyisakan, tes psikologi dan lainnya untuk membentuk karakter Korsa kalian," Jelas Pria Berdarah Ambon tersebut (16/8/2022).

Hal senada juga dikatakan Dandim 1312/Talaud, Letkol Inf. Agus Ariyanto. Putra-Putri Talaud banyak berprestasi, termasuk Paskibra. Diyakini pada tes seleksi anggota Paskibra akan mampu melewati seleksi menjadi seorang Prajurit.

"Mereka (Paskibra) tinggal di Poles saja untuk tahapan seleksi, karena pelatihan Militer mereka sudah mendapatkannya saat menjadi anggota Paskibra, mereka hanya perlu menjaga fisik dan postur tubuh serta kesehatan dan mendaftar saat seleksi penerimaan dimulai," ditambahkan Dandim 1312/Talaud.

Pemerintah Kabupaten Talaud menaruh perhatian serta menyambut baik saran dari Kedua pimpinan TNI di Talaud terkait putra-putri Talaud yang akan mengikuti tes Prajurit.

Sekertaris Daerah, Yohanis Kamagi menyebut. Pemerintah akan menyiapkan sarana prasarana penunjang yang akan diminta untuk mendukung proses seleksi tersebut.

"Klinik kesehatan untuk menjamin fisik para calon yang akan ikut seleksi agar tetap terjaga akan kami siapkan serta lainnya yang bisa pemerintah bantu, sesuai dengan permintaan Dandim," jelas Sekda.

Putra-Putri Talaud saat seleksi dan lulus menjadi prajurit TNI menjadi kebanggaan daerah Perbatasan ini, pasalnya mereka akan menjadi orang penting bisa menduduki jabatan penting TNI nanti yang akan membawa nama baik daerah.

"Selain itu, mereka yang lulus menjadi prajurit pada seleksi TNI adalah untuk membantu penyerapan tenaga kerja di daerah bertambah pada upaya pengentasan kemiskinan di daerah perbatasan Kabupaten Kepulauan Talaud," tegas Dandim Letkol Inf. Agus Ariyanto Dan Danlanal Melonguane Letkol Laut (P) Glory Syaranamual.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar