Seminar TNI AD VI Tahun 2022, KASAD Dudung : Lakukan Perubahan Yang Mendasar

KBRN, Manado : Doktrin adalah suatu pedoman atau ajaran yang bersifat dinamis Fleksibel, begitu juga dengan doktrin operasi militer yang dituntut bersifat kreatif terhadap perkembangan lingkungan strategis dalam perkembangan perang yang semakin kompleks.

Untuk itu perlu dilakukan perubahan perubahan yang mendasar dari doktrin operasi militer dalam seminar ini.

Demikian sambutan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., saat membuka resmi Seminar TNI AD VI di Mako Seskoad Jalan Jendral Gatot Subroto No. 96 Kota Bandung, Senin (27/06/2022) 

Kasad juga menyampaikan bahwa Doktrin Operasi Militer Angkatan Darat yang diadopsi saat ini masih mengadopsi dari negara lain yang memiliki sumber daya yang relatif sangat besar, sehingga sangat kurang realistis apabila diadopsi secara langsung menjadi doktrin militer khususnya di lingkungan TNI Angkatan Darat yang semua dengan keterbatasan.

Oleh karena itu untuk dapat dioperasionalkan dengan baik maka TNI Angkatan Darat harus dapat melibatkan seluruh komponen pertahanan negara di dalamnya.”tegas Dudung.

Kasad berharap kepada Perwira Muda untuk dapat memberikan gagasan ide dan pemikirannya dalam penyusunan doktrin militer.

"Saya yakni pemikiran para Perwira Muda tidak kalah dengan para pendahulu utk memberikan ide cemerlang yang kreatif dan inovatif dalam meyongsong tugas ke depan”, kata KASAD Dudung.

Seminar TNI AD VI ini dilatar belakangi dengan pengkajian strategis dalam menyikapi perkembangan lingkungan global di masa kini dan masa depan agar dapat menghasilkan pemikiran dalam bentuk doktrin operasi militer matra darat.

Kegiatan Seminar TNI AD VI ini dilaksanakan secara vicon, diikuti seluruh jajaran Pangkotama TNI .AD dalam hal ini Kodam XIII/Merdeka dihadiri oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, S, Sos,M.Si., Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI, E. J. Lumintang S.I.P dan para Asisten Kasdam XIII/Merdeka, selama dua hari mulai tanggal 27-28 Juni 2022 dengan mengangkat Tema “Reaktualisasi Doktrin Operasi Militer Matra Darat Dalam Menghadapi Ancaman Perang Masa Kini Dan Masa Depan” 

Kesempatan Seminar ini juga menghadirkan pembicara atau narasumber yang tidak diragukan lagi antara lain, Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., Gubernur Lemhanas RI Andi Widjajanto, S.SOS., M.SC, Asisten khusus Menhan RI Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoedin. Dengan di moderatori oleh Dandim 0315/Tanjung Pinang Kolonel Inf Tommy Anderson dan Sekjen Lembaga Penelitian dan kajian masalah keamanan Nasional Dr. Stepi Anriani, S.I.P, MSi

Hadir dalam kegiatan seminar tersebut para Pangkotama dan Kabalakpus TNI AD.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar