DANLANTAMAL VIII Pimpin Gelar Pasukan

KBRN,Manado : Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka memimpin apel gelar pasukan dan material Latihan Penanggulangan Bencana (Latgulben) Lantamal VIII Tahun 2022, bertempat di lapangan Markas Komando Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VIII, Jl. RE. Martadinata No.02 Bitung Barat, Kec. Maesa Kota Bitung. 

Dalantamal VIII pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa bencana alam di Indonesia selalu berpotensi terjadi setiap saat, meskipun skalanya kecil hingga sedang. Oleh karena itu perlu antisipasi melalui latihan penanggulangan bencana, guna membangun kesiapsiagaan masyarakat dan para pemangku kepentingan.

Lebih lanjut Danlantamal VIII menyampaikan untuk materi yang akan diajarkan bersumber dari pembelajaran bencana sebelumnya. “Latihan ini   juga dapat membantu penyusunan prosedur standar atau Standard Operating Procedures (SOP) penanganan darurat, sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan mendatang dalam penanganan darurat bencana.

Pengalaman selama ini memberi banyak pembelajaran terhadap peran TNI dalam situasi krisis maupun tanggap darurat bencana. Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu membantu Pemerintah Daerah yang terdampak bencana, berupa personel untuk kebutuhan evakuasi dan pengiriman logistik. Pembelajaran dari lapangan sangat penting untuk dipelajari dan digunakan sebagai bahan latihan dan penyusunan SOP, yang kemudian dilatihkan kembali sehingga dalam pelaksanaannya tidak terdapat kesenjangan, ujar Danlantamal VIII.

Adapun unsur-unsur yang terlibat dalam apel gelar personel diantaranya unsur Binter, Satrol Lantamal VIII, tim kesehatan dan Pomal Lantamal VIII, Yonmarhanlan VIII Bitung, BPBD Bitung, Basarnas, Kodim 1310 Bitung, Polairud Polda Sulut, Damkar Kota Bitung, Dinas Sosial Kota Bitung, BMKG Kota Bitung, Dinas Kesehatan Kota Bitung, Polresta Bitung Saka Bahari dan Bitung Rescue.

Turut hadir Asrena, Asops, Asintel dan Aspotmar Danlantamal VIII, Paban V Bakti Spotmaral, Dansatrol Lantamal VIII, Kaakun Lantamal VIII, Karumkital dr. Wahyu Slamet Bitung, Kafasharkan Lantamal VIII, Forkompimda Kota Bitung dan Para Kepala Satuan/Instansi terkait.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar