Upacara Hari Armada ke -76 RI di Beranda Utara NKRI berlangsung Khidmat

KBRN, Talaud : Pangkalan TNI Angkatan Laut ( Lanal ) Melonguane menggelar Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2021. Di pusatkan di Makolanal, Senin (6/12/2021)pagi, upacara dipimpin langsung Danlanal Melonguane Letkol Laut ( P ) Glory Syaranamual, S.E, M. Tr. Opsla berlangsung Khidmat. 

Danlanal Melonguane mengutip amanat Kepala Staf Angkatan Laut ( KASAL ) Laksamana Yudo Margono, S.E., M.M mengatakan peringatan Hari Armada RI Tahun ini  mengangkat Tema “ARMADA RI KSATRIA PENGAWAL SAMUDERA UNTUK INDONESIA TUMBUH, INDONESIA MAJU”, Merupakan momentum yang sangat tepat bagi segenap jajaran TNI Angkatan Laut untuk merefleksikan diri, melakukan instropeksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan dan pencapaian tugas - tugas yang telah dilaksanakan.

Selain itu, peringatan ini merupakan wujud dari upaya pelestarian nilai- nilai kejuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam pengabdiannya untuk  melahirkan dan membesarkan Armada RI. Keteladanan dari para sesepuh  ini haruslah menjadi pegangam bagi generasi penerus saat ini dan di masa mendatang. 

Namun, hal terpenting pada momen peringatan Hari Armada ini adalah wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala  petunjuk, tuntunan dan perlindungan-Nya sehingga Armada RI dapat senantiasa melaksanakan tugasnya sebagai Cakrawati Samudera dengan Gemilang, meskipun berada di tengah Kondisi Pandemi Covid -19. 

Lanjut kata Danlanal Melonguane, sebagai  Ksatria Pengawal Samudera, Armada RI harus mampu menunkukkan kekuatan yang akan menggetarkan lawan maupun kawan, terlebih pihak pihak yang berniat untuk merongrong kedaulatan dan mengganggu kepentingan negara di Laut. 

" Satu Yard-pun tidak akan kita mundur, karena tidak ada tawar menawar untuk urusan menyangkut kedaulatan dan kehormatan bangsa. Prinsip ini  harus kita pegang teguh selamanya, meskipun nyawa yang menjadi taruhannya," tegas Danlanal Melonguane mengutip amanat KASAL

Selanjutnya disampaikan, sebagai prajurit Jalasena, Armada RI harus siap setiap saat dalam menjalanlan amanat rakyat untuk menjaga lautan nusantara. " Karena kita adalah tulang punggung kembalinya kejayaan maritim Indonesia. Seperti yang pernah dikatakan oleh Bung Karno dalam pidatonya, , “BANGSA INDONESIA TIDAK BISA MENJADI BANGSA YANG KUAT, TIDAK BISA MENJADI NEGARA YANG KUAT, JIKA TIDAK MENGUASAI SAMUDRA, JIKALAU TIDAK KEMBALI MENJADI BANGSA MARITIM”.  Oleh karena itu, bila ingin menjadikan Negara Indonesia menjadi negara kuat, Armada RI harus mampu mengawal dan melindungi  setiap yard lauran Nusantara," lanjut Letkol Laut ( P ) Glory

Lebih jauh dipaparkan, layaknya para Ksatria dengan kuda perangnya, armada harus dilengkapi dengan kapal - kapal perang yang mumpuni dan modern. Meskipun membangun kekuatan suatu armadq bukan pekerjaan yang mudah dan singka, serta membutuhkan waktu pemikiran, dan biaya yang tidak sedikit, namun semangat  untuk terus membangun armada yang perkasa tidak pernah akan surut. Karena bagi Indonesia, Armada Kapal Perang adalah sebuah keniscayaan. 

" Kita akan membangun kekuatan armada yang menjaga laut Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Kekuatan armada yang ular ular perangnya berkibar di laut Natuna Utara, di Selat Malaka, di perairan Ambalat, di laut Aru, dan di setiap jengkal perairan Indonesia," pungkasnya

Kepada para prajurit Jalasena diiharapkan dapat senantiasa mencintai armada ini, merawat Kapal Kapal dengan penuh rasa bangga karena mereka adalah kuda kuda perang yang akan membawa prajurit Jalasena menggulung lawan bagaikan badai di lautan. 

Upacara diikuti para perwira, tamtama, bintara dan Ketua Cabang 7 Korcab VIII DJA II  Ny. Lenny Christanto bersama sama Ibu Ibu Jalasenastri . 

Usai upacara, giat dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Danlanal didampingi Ketua Cabang 7 Korcab VIII DJA II . 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar