Kunjungan Kerja Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado di Provinsi Gorontalo

KBRN, Gorontalo: Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado Marsma TNI M. Satriyo Utomo, S.H., bersama Tim Aset Lanudsri yang terdiri dari Kadislog Kolonel Kal Moch. Choirudin, Kakum Mayor Sus Yeni Luntungan, S.H., Kaintel Mayor Sus Toni Atmaja, serta Ps. Kasifasint Dislog Lanud Sam Ratulangi Lettu Sus Ahimsyah,  melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Gorontalo. Selasa, (4/5/2021).

Danlanud dengan menggunakan pesawat Wing Air, ATR 72600, PK WJO tiba di Bandara Djalaluddin Gorontalo sekira pukul 16.15 Wita, disambut oleh unsur Forkopimda Provinsi Gorontalo diantaranya Kasrem 133/NWB Kolonel Inf Rudy Jayakarta Runtuwene, S.I.P., Dansatrad 224 Kwandang Mayor Lek Andi Johan,  serta pejabat Pemprov Gorontalo. 

Setibanya di Gorontalo, Danlanud diterima secara adat kebesaran dan kehormatan Mopotilolo serta pengalungan selendang khas Gorontalo. Kunjungan Danlanud bersama Tim Aset ke daerah “Serambi Madina” tersebut selain bersilahturahmi kepada Forkopimda, sekaligus meninjau sejumlah aset TNI AU yang ada di Gorontalo.

Selanjutnya, Danlanud dan rombongan bertolak menuju hotel Aston untuk melaksanakan audensi bersama Walikota Gorontalo. Sebelum melaksanakan Audensi Danlanud bersama Walikota melaksanakan buka puasa dan Sholat Magrib bersama. 

Dalam audensi yang dihadiri Walikota Gorontalo Marten Taha SE,M.Ec Dev dan Wakil Walikota Ryan F. Kono tersebut. Danlanud mengucapkan terima kasih atas sambutan Walikota, adapun pertemuannya dengan Wali Kota Gorontalo adalah membahas prospek kedepan yang bisa disinergikan antara TNI AU dengan Pemerintah Kota Gorontalo.

“Karena kami juga punya perwakilan Angkatan Udara disini yang mungkin nantinya ini diperlukan, tentu bisa dikembangkan menjadi salah satu pangkalan udara. Karena kita tau bersama Gorontalo sendiri sudah merupakan salah satu provinsi, jadi kita mencoba berkomunikasi dengan Pemda disini,” kata Danlanud

Pada kesempatan yang sama juga, Wali Kota Gorontalo, Marten Taha SE,M.Ec Dev., mengucapkan terima kasih kepada TNI AU khususnya Lanud Sam Ratulangi Manado atas kunjungannnya di Kota Gorontalo.

“Ada beberapa hal yang telah kami bicarakan, terutama dalam hal penataan aset. TNI AU ini punya aset di Kota Gorontalo yang saat ini sudah ditempati oleh masyarakat. Terkait dengan penertiban aset ini, maka kami sudah melakukan langkah dan pembicaraan dengan TNI AU untuk melakukan tukar guling dengan aset yang kami gantikan dengan yang ada, supaya masyarakat yang ada disitu tidak dikeluarkan,” ungkap Walikota.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan pemberian cindera mata dari Lanud Sam Ratulangi ke Pemerintah Kota Gorontalo dan sebaliknya.

Keesokan harinya Komandan Lanud bersama rombongan melakukan pemeriksaan aset TNI AU yang berada di Desa Tenda, lahan yang dihibahkan ke Pemkot Gorontalo, setelah itu meninjau lahan pengganti yang disiapkan Pemkot Gorontalo yang berada di Kelurahan Wonggaditi Barat Kota Gorontalo.

Selanjutnya Danlanud bersama rombongan berkesempatan melakukan audensi dengan Gubernur Provinsi Gorontalo, selain bersilahturahmi Danlanud juga memperkenalkan diri sebagai pejabat baru Komandan Lanud Sam Ratulangi sekaligus membahas aset TNI AU yang berada di Gorontalo.

“Kunjungan kami ini juga berkaitan dengan peningkatan status Lanud Sam Ratulangi sendiri, dari tipe B menjadi tipe A. Sehingga itu ada penyesuaian-penyesuaian ataupun ada beberapa aset yang harus kita pastikan dan kita kembangkan kedepan. Kunjungan ini juga sebagai bentuk perkenalan dan silaturahmi kami dengan Gubernur dan Forkopimda yang berada di Provinsi Gorontalo,” ucap Danlanud.

Sementara itu Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, M.A.P yang menjamu Danlanud bersama rombongan di rumah jabatan gubernur, menyambut baik dan berterima kasih atas kunjungan Danlanud dan jajaran. Pertemuan yang berlangsung hangat ini sebagai ajang silahturahim, juga membahas hibah tanah untuk pengembangan Bandara Djalaludin di Gorontalo dan Lanud Sam Ratulangi di Sulawesi Utara.

“Selain bersilahturahim karena Pak Satriyo ini baru  menjabat sebagai Danlanud, juga membahas kembali rencana hibah tanah yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak, yakni Pemprov Gorontalo dan TNI AU,” kata Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga meminjamkan aset milik Pemerintah Provinsi Gorontalo yakni satu buah mobil untuk operasional personil TNI AU. Kendaraan ini digunakan untuk operasional Perwakilan Lanud Sam Ratulangi di Bandara Djalaludin Gorontalo.

Pertemuan ini diakhiri dengan pemberian cenderamata dari Komandan Lanud Sam Ratulangi berupa miniatur pesawat ke Gubernur Gorontalo dan sebaliknya Gubernur menyerahkan plakat Pemprov Gorontalo.

Sementara itu pada waktu yang sama silahturahmi Danlanud terus berlanjut. Komandan bersilaturahim kepada Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK, M.Si, MM., juga kepada Danrem 133/NWB Brigjen TNI Bagus Antonov Hardoyo, MA. Pada kesempatan tersebut Danlanud memperkenalkan diri sebagai pejabat baru serta menjalin kerjasama untuk sinergitas TNI Polri. 

Kuker Komandan Lanud Sam Ratulangi ini diakhiri dengan kunjungan ke Satuan Radar 224 Kwandang, yang disambut oleh Komandan Satrad 224 Kwandang Mayor Lek Andi Johan bersama jajaran. Danlanud bersama rombongan berkesempatan melihat secara langsung keberadaan Satrad 224 Kwandang “Penjaga Langit”. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00