Disparda Sulut Berikan Bantuan Bagi Pekerja Pariwisata Terdampak Covid-19

KBRN,Manado :  Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama sejumlah   industri pariwsata  di daerah ini memberikan  bantuan pangan  pokok bagi karyawan  yang dirumahkan akibat merebak ya Covid-19 atau Virus Corona. 

 Kepala Dinas Pariwisata Sulut Henry Kaitjily ditemui seusai memberikan bantuan secara simbolis menjelaskan bantuan ini merupakan wujud kepedulian Dinas Pariwisata Sulut kepada para pekerja Pariwisata yang terdampak Covid 19. 

Hal ini juga merupakan himbauan Menteri Pariwisata dan  Gubernur Utara Olly Dondokambey. 

"Jadi, Aksi ini bagian dari kontribusi kita secara pribadi. Bersama teman-teman asosiasi industri pariwisata yang ada di daerah ini mengumpulkan uang ala kadarnya. Sebagai bagian rasa simpati dan empati kita, khususnya pekerja harian yang terdampak korona yang tak lagi ada pemasukan sehingga butuh  bantuan," kata Kadispar Sulut, Rabu(8/4/2020). 

Penyaluran sembako diberikan kepada pekerja harian seperti pekerja harian di hotel, pekerja pembawa perahu, tour guide, penyelam dan para pelayan restoran.

"Karena mereka merupakan garda terdepan dalam memajukan pariwisata yang ada di daerah ini. Mereka itu yang perlu kita bantu karena mereka tidak punya pemasukan saat ini," ungkap Kaitjily.

Ketua ASITA Sulut, Merry Karouwan yang turut menyumbang mengatakan aksi peduli ini merupakan langkah kita bersama dengan pihak Dinas Pariwisata Sulut.

"Semoga bantuan ini bisa diterima oleh para pekerja harian industri pawisata yang terdampak covid 19 ini," harap Karouwan. Sembari menyebutkan semoga badai wabah covid 19 ini cepat berlalu dan pariwisata yang ada di daerah bumi nyiur melambai ini bisa berjalan dengan baik.

Di tempat yang sama Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Sulawesi Utara (Sulut), Roy Berty Koleangan memberikan apresiasi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur (OD-SK), khususnya kepada Kepada Dinas Pariwisata Sulut dan jajarannya yang peduli terhadap masyarakat terutama para pekerja industri pariwisata.

"Kepedulian dan perhatian pemerintah provinsi khususnya Dinas Pariwisata yang peduli terhadap para pekerja industri pariwisata sangat luar biasa. Sekali lagi kami menyampaikan terimakasih kepada pemerintah OD-SK, yang betul-betul memperhatikan para tenaga kerja (Naker) di sektor industri pariwisata. Semoga wabah covid 19 ini cepat berlalu dan kami bisa beaktivitas kembali sesuai pekerjaan kami," tandas Ketua HPI Sulut itu.

Dalam kesempatan ini juga ikut memberikan bantuan seperti ASITA Sulut, PHRI Sulut, GIPI, Destinasi Alam, serta sejumlah pengusaha yang bergerak di sektor pariwisata yang ada di daerah ini. Penyaluran sembako tersebut berupa minyak goreng, beras 5 kg dan telur.

Dalam penyaluran sembako juga dihadiri Ketua ASITA Sulut, Merry Karouwan, Unsur Pimpinan PHRI Sulut, Putu Anom, Ketua HPI Sulut, Royke Koleangan, Stafkhus Pariwisata Gubernur Sulut, Dino Gobel, Sekretaris Dinas, Joudy Senduk SE, Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan, Roy Saroinsong SH, Kabid Pengembangan Industri Pariwisata, Fany Matheuws SIP, MSi. Kabid Pengembangan Destinasi Theresia Sompie SH, Kabid Pemasaran Yudhistira Siwu SE.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00