Pernik Batik Di Souvenir Antik JK

KBRN, Manado : Baru saja awal bulan oktober ini kita memperingati hari Batik. Nyatanya batik bukan dalam bentuk kain saja, kreativitas anak muda saat ini, batik dibuat diatas segala macam benda, seperti batu, kayu bahkan besi.

Untuk hiasan, batik umumnya dilukis di kayu dengan bentuk dan fungsi beragam, seperti yang diproduksi Janur Kuning Handycraft.

Menurut Adel, pemilik JK Souvenir, batik dalam bentuk cendramata ia bikin sebagai gantungan kunci, magnet kulkas, ballpoint, baki, wadah buah , hiasan meja, pembatas buku dll. Bahkan untuk bahan lain seperti sandal hiasan ia produksi juga.

"Harganya terjangkau, mulai 10.000 ribu sampai 100.000 ada" katanya.

Menurutnya batik sebagai warisan budaya Indonesia memang perlu dilestarikan.

"Jaman Now, batik bisa dibuat di bahan apa saja dan fungsi apa saja. Bisa Tas batik, cover laptòp batik, bahkan ada yang buat mobil di motif batik"  papar wanita cantik pemilik JK Souvenir ini.

Adel pun sudah merencanakan memajang produknya itu di hotel berbintang di kota Manado, agar konsumen tidak perlu jauh jauh ke Jawa  atau Jogja untuk mendapatkan koleksi langka itu.

Ia senang, warga Manado cukup apresiasi terhadap produk budaya nasional. Apalagi Manado juga kota wisata internasional, yaitu dengan banjirnya wisatawan asal tiongkok. Semoga saja souvenirnya bisa jadi pilihan mereka untuk dibawa pulang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00