Meningkatkan daya saing UMKM sektor pariwisata di Manado

KBRN,Manado : “Peningkatan Daya Saing UMKM Sektor Pariwisata” diangkat menjadi topik dalam Dialog Forum Kawanua Pagi, yang di lsiarkan langsung di RRI Manado pada Rabu (18/05/2022).

Disiarkan langsung dari Grand Luley Hotel Manado, acara ini menghadirkan narasumber Stanly Baculu dari Dinas Pariwisata Kota Manado dan Ariestra Prasetio (General Manager Grand Luley).

Stanly Baculu mengatakan berbagai upaya dilakukan Dinas Pariwisata dalam meningkatkan daya saing dari sektor Ekonomi Kreatif yang ada di Kota Manado, diantaranya dengan menggelar pelatihan.

“Dinas Pariwisata melakukan berbagai kegiatan seperti pelatihan untuk membuat tampilan produk lebih bagus, apalagi ketika menjualnya secara online atau di sosial media,” jelas Baculu.

“Kami juga mempersiapkan pelatihan-pelatihan sumber daya manusia di destinasi-destinasi wisata yang ada, supaya mereka merasa memiliki juga,” jelas Baculu.

Lebih lanjut Baculu mengatakan di Manado terdapat empat sub sektor Ekonomi Kreatif yang menjadi andalan, yaitu kuliner, fashion, musik, dan fotografi.

Sementara itu GM Grand Luley Hotel mengatakan selalu memberdayakan UMKM yang ada di sekitar Hotel. Bahkan Ariestra mengatakan bekerja sama dengan beberapa desa wisata untuk membangun Dunia Pariwisata yang ada di Sulawesi Utara.

“Kalau kita fungsinya Grand Luley Manado ini untuk masyarakat Tongkaina, kita memanfaatkan yang ada di Tongkaina dulu,” ungkap Ariestra.

GM Grand Luley berharap Sulawesi Utara lebih menonjolkan kuliner khas daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar