Dipandu Wajong, Marching Band 'Aster' Tampil Memukau di Parade TIFF 2022

KBRN, Tomohon: Marching Band 'Aster' dengan pakaian adat Kabasaran Minahasa tampil memukau di parade TIFF 2022, yang digelar Senin (8/8/2022) di Tomohon. 

“Penampilan mereka perlu diapresisasi karena mengangkat kearifan lokal melalui maraching band sehingga bisa dikenal masyarakat luar daerah," kata salah satu warga, Gerald Tiow. 

Sementara itu, coach Maching Band Aster, Josua Wajong mengakui keberhasilan mereka tak lepas dari kerja keras dan latihan yang rutin. 

“Waktu kami hanya satu bulan untuk berlatih hingga tampil. Jujur sebenarnya waktu itu tak cukup. Sehingga kami berlatih dengan keras dan memaksimalkan waktu agar semua bisa berjalan dengan baik,” terang Jos, panggilan akrabnya. 

Jos pun menjelaskan, konsep yang dibawa merupakan lagu daerah nusantara di medley menjadi satu lagu berduasi tiga menit. 

“Anak Kambing Saya dari daerah NTT,  Bungong Jeumpa dari daerah Aceh, Apuse dari daerah Papua, dan Esa Mokan dari Minahasa,” terangnya. 

Diketahui, Marching Band Aster merupakan gabungan dari tiga sekolah negeri di Tomohon, yakni SMP Negeri 1 Tomohon, SMP Negeri 2 Tomohon dan SMP Negeri 3 Tomohon.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar