Dengarkan Tanggapan Pemandangan Umum Fraksi, Senduk Hadiri Rapur DRPD Tomohon

KBRN, Tomohon: Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH mengikuti Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Mendengarkan Tanggapan Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi mengenai Rancangan  Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021 dan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang bertempat di Gedung Kantor DPRD Kota Tomohon. 

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE dan di dampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA dan Erens D Kereh AMKL. 

Dalam rapat ini Walikota mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada fraksi fraksi yang masing-masing telah menyampaikan pemandangan umum atas rancangan peraturan daerah yang telah diajukan dan  apresiasi  mendapatkan penghargaan dari kementerian dalam Negeri RI pada kategori pemerintah kota terbaik dalam peningkatan pendapatan asli daerah tahun 2020-2021 dimana Kota Tomohon menduduki urutan kedua secara nasional serta menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh fraksi DPRD Kota Tomohon yang telah menerima dan menyetujui rancangan peraturan daerah serta terkait prestasi capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kesembilan kali berturut-turut. 

Adapun catatan masing-masing fraksi DPRD Kota Tomohon dalam pemandangan umum fraksi-fraksi yang ditanggapi Walikota bahwa lampauan realisasi pendapatan daerah dari target yang telah tetapkan maka sebagai realisasi pendapatan daerah yang melampaui target tidak lepas dari pencapaian komponen pendapatan asli daerah diyakini menunjukkan signal positif dari masa new normal pasca pandemi covid-19. 

"Dapat dijelaskan juga bahwa upaya-upaya peningkatan pendapatan asli daerah perlu terus di genjot, sehingga kedepannya total realisasi pendapatan asli daerah terhadap total APBD dapat ditingkatkan secara optimal. Berikutnya mengenai kompensasi Jamsostek kepada perangkat kelurahan  akan menjadi catatan dan perhatian untuk kami tindaklanjuti," ujarnya. 

Lebih lanjut pelaksanaan tugas perangkat daerah sebagaimana catatan dari fraksi serta kehadiran perangkat daerah pada tahapan pembahasan bersama DPRD atas Ranperda yang telah diajukan  akan menjadi perhatian Pemerintah Kota Tomohon dan  dipertegaskan kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk hadir secara langsung dan tidak diwakilkan dalama setiap tahapan pembahasan bersama DPRD. 

Adapun catatan yang ditanggapi Walikota tentang laporan operasional yakni berdasarkan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh Pemerintah Pusat/Daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan. 

"Secara terperinci telah tersaji pada laporan keuangan pemerintah daerah Pemerintah Kota Tomohon," katanya. 

Rapat ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Tomohon Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar