Cegah Kebocoran Pajak dan Retribusi Daerah, BPKPD Tomohon Bahas ETPD

KBRN, Tomohon: Mencegah kebocoran pajak dan retribusi daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) gelar hight level meeting, membahas Elektronik Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), di Aula BPKPD, Kamis (23/6/2022). 

Kepala Badan (Kaban) BPKPD Kota Tomohon, Drs. Gerardus Mogi, M.A.P., saat membawakan materinya dalam kegiatan tersebut mengatakan, manfaat dari penggunan ETPD ini ialah untuk mengatasi peluang adanya tindakan korupsi. 

“Manfaat dari ETPD salah satunya akuntabilitas dan transparansi lebih akuntabel dan real time. Meminimalisir peluang korupsi dan kebocoran pendapatan penerimaan daerah. Peningkatan kepercayaan dan transparansi,” tutur Mogi. 

Selain itu juga dikatakannya, itu akan memudahkan pelayanan publik kepada masyarakat dan pencairan belanja. 

“Proses layanan juga dapat dilakukan dari rumah, lebih hemat biaya dan efisien dengan sistem notifikasi WA realtime. Efisiensi dan peningkatan PAD, dalam pelaksanaan pengawasan dan monitoring, data berbasis elektronik memudahkan integrasi dan rekonsiliasi, yang dapat berujung pada peningkatan layanan publik dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk sektor PDRD,” jelas Mogi. 

Namun menurutnya, ini juga membutuhkan kerja sama dari semua pihak terkait. 

“Akan tetapi ini butuh kerja sama para pihak, dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing bagi percepatan layanan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah di Kota Tomohon,” ajak Mogi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar