Caroll Senduk Buka Sosialisasi Pembumian Pancasila

KBRN, Tomohon: Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Kesbangpol Kota Tomohon menggelar kegiatan sosialisasi Pembumian Pancasila, yang bertemakan 'Pembumian Pancasila dan Generasi Milenial', dilaksanakan di Welu Cafe n Resto Tomohon. 

Walikota Tomohon, Caroll J A Senduk SH, saat membuka kegiatan sekaligus pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan Pancasila menjadi pengingat kita bahwa di tengah semua situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat. 

"Oleh karena itu, merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada saat ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan," ujarnya.

 Dikatakannya, sosialisasi ini dapat kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh dimasa kini dan bangsa yang tangguh dimasa yang akan datang. 

"Selama ini upaya yang kita lakukan lebih berfokus pada hasil akhir dan mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan," katanya. 

Dia mengungkapkan, hal tersebut kurang sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang menyelaraskan potensi sumber daya alam dengan sumber daya manusia. 

"Menyadari hal tersebut, inilah waktunya kita merancang keseimbangan baru yang mengedepankan kemajuan semua kelompok masyarakat dan memprioritaskan konservasi alam. Dalam hal ini Pancasila akan berperan sebagai titik berangkat sekaligus tujuan pembangunan bangsa dan negara kita," tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar