Respons Arahan Caroll-Wenny, Runtuwene Fokuskan Dua Destinasi Wisata di Kolongan

KBRN, Tomohon: Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dibawah kepemimpinan Wali Kota Caroll Senduk dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut, tengah menyeriusi pengembangan pariwisata di Kota Tomohon.

Keseriusan itu terbukti dengan membuka destinasi-destinasi baru di Kota Bunga (red,Tomohon) tersebut oleh pemerintah. Bahkan September tahun lalu, Wali Kota mengarahkan kepada seluruh jajarannya, terlebih para lurah untuk menyiapkan satu destinasi ditiap kelurahan.

“Kelurahan harus siapkan satu destinasi wisata yang ada atau buatan. Termasuk juga OPD dapat berupaya dalam pengembangan program yang berkaitan dengan peningkatan destinasi wisata di Kota Tomohon,” ujar Wali Kota dalam Rapat Koordinasi bersama seluruh jajaran Pemkot Tomohon.

Hal ini turut direspons oleh Kepala Kelurahan Kolongan, Veronika Runtuwene. Kepada RRI Manado, ia memastikan pihaknya pasti mendukung program pemerintah untuk menggalakkan destinasi wisata di masing-masing kelurahan.

Ia membeberkan, untuk Kelurahan Kolongan sudah memfokuskan membuat dua destinasi, yaitu tugu salib dan tempat pemandian di mata air yang berada di tengah-tengah kota.

“Tugu salib memang merupakan icon Kelurahan Kolongan yang sudah ada dari beberapa tahun lalu. Itu akan diperbaiki dan direnovasi kembali dan dibuat lebih bagus. Bahkan untuk desainnya akan didesain langsung oleh tenaga khusus,” ujarnya.

“Rencanannya itu akan dimulai pada Januari ini. Perlu diketahui juga ini merupakan swadaya dari pemerintah maupun masyarakat Kelurahan Kolongan,” lanjut Runtuwene, di ruang kerjanya.

Kemudian untuk tempat pemandian di mata air, dia mengungkapkan nantinya akan dilaksanakan bersama dinas terkait yaitu Bapelitbangda Tomohon.

“Nantinya itu akan dibuat tempat-tempat pemandian yang akan diatur sedemikian rupa, dan disitu juga akan dibangun kuliner-kuliner. Sehingga para wisatawan ataupun masyarakat Kelurahan Kolongan, ataupun dari luar Tomohon, bisa mampir berwisata di tempat itu,” katanya.

Runtuwene menambahkan, bahawa dalam rangka mendukung program ini, pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk saling kerja sama, sehingga setiap program yang direncakan, baik program dari pemerintah kota maupun pemerintah kelurahan, boleh berjalan dengan sesuai yang diharapkan.

“Memang sudah banyak masyarakat yang siap membantu. Bahkan sudah ada beberapa keluarga yang sudah menyumbang untuk pembangunan destinasi. Harapan kami tentunya kerja sama yang baik ini akan selalu tercipta antara masyarakat dan pemerintah,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar