Aplikasi Hasil Inovasi Disdukcapil Tomohon Resmi Dilaunching Wali Kota Senduk

KBRN, Tomohon: Aplikasi Sistem Layanan Online Adminduk Tomohon Hebat (SLOATH) yang merupakan hasil inovasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tomohon, resmi dilaunching Wali Kota Tomohon, Caroll J.A. Senduk, S.H., di Lantai III MPP, Jumat (7/5/2021).

Dalam sambutannya, Senduk mengatakan, ini merupakan salah satu program unggulan Caroll-Wenny soal pelayanan prima kepada masyarakat dari lahir sampai meninggal.

"Artinya yang mampu menjangkau pelayanan dasar, baik dalam pemberian hak-hak sipil penduduk maupun dokumen kependudukan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah daerah yang dituangkan dalam sebuah konsensus nasional melalui Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, termasuk regulasi pelaksanaan dari UU tersebut," ujarnya.

Diungkapkannya, program ini sengaja dituangkan dalam program unggulan, guna merespons dan melegitimasi status dan eksistensi kependudukan dan hak-hak sipil penduduk, melalui pemberian dokumen kependudukan yang disadari akan dimanfaatkan dalam semua sendi kehidupan. 

"Sebuah komitmen di dalam kepemimpinan kami kini dan ke depan, dalam soliditas semua stakeholder bersama komponen masyarakat baik lembaga keagamaan, pemerintah, kaum wiraswasta dan lainnya," katanya.

Dirinya mempunyai sasaran, bahwa pihaknya tidak hanya menggali dan memperkenalkan potensi serta kemampuan daerah, namun lebih di titik beratkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan, untuk menjadikan Tomohon mampu bekompetisi dengan daerah-daerah lainnya, baik di dalam negeri bahkan di tingkat internasional.

Menurutnya, hal ini harus di mulai dari jajaran pemerintah sebagai aparatur sipil negara yang merumuskan dan melaksanakan kebijakan pemerintah dan terimplementasi secara akseleratif dan tepat dalam tatanan yang bersih, adil dan bertanggung jawab.

Sementara Kepala Disdukcapil Kota Tomohon, Albert Tulus, S.H., mengaku program ini notabene merupakan tanggung jawab pihaknya dalam amanat UU.

Sebelumnya, ia telah mempersiapkan tenaga-tenaga operator dari kelurahan dengan kemampuan operasional dan administratif sebagai petugas registrasi kelurahan melalui amanat Permendagri 119 Tahun 2019 tentang pengangkatan pejabat pencatatan sipil dan petugas registrasi yang sudah ia awali dengan bimbingan teknis petugas registrasi dari tanggal 12-27 April 2021.

"Dalam rangka melaunching aplikasi SLOATH yang kami coba refleksikan Tomohon Hebatnya yaitu Humanis Empati Berintegritas Aktif Taat aturan (HEBAT)," jelasnya.

Ia mengingatkan, aplikasi e-Dukcapil Tomohon bukan hanya digunakan untuk melakukan pendaftaran pembuatan dokumen-dokumen kependudukan dan pencatatan sipil, namun juga ditambahkan dengan fitur untuk kesekretariat di Dukcapil dalam hal e-Office untuk surat masuk keluar secara online, pengarsipan dan pelaporan secara digital.

"Perjanjian kerja sama bersama Disdukcapil Tomohon dengan instansi lembaga pengguna sudah disetujui oleh Bapak Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebanyak 5 perangkat daerah untuk tahap pertama ini yakni Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00