Babinpotmar dan Jalasenastri Lanal Melonguane Terima Penyuluhan Pertanian Saat Panen Ketiga Sayuran Hidroponik

KBRN, Talaud :  Kegiatan pertanian hidroponik di Mako Lanal Melonguane yang telah berulang kali panen serta dikirimkan ke Pulau Miangas untuk dibagikan kepada masyarkat ternyata cukup mendapatkan perhatian dari masyarakat sekitar yang kebetulan , termasuk beberapa instansi pemerintah daerah, pihak BUMN dan swasta yang bergerak di bidang pertanian. Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Talaud, perwakilan staf PT Pupuk Kaltim dan PT East West Seed Indonesia selaku produsen bibit tanaman hidroponik Cap Panah Merah. 

Menjelang panen ketiga sayuran hidroponik dari modul instalasi hidroponik di Mako Lanal Melonguane, Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) dan ibu-ibu Jalasenastri Lanal Melonguane mendapatkan penyuluhan tentang bagaimana bertani yang baik dan benar yang meliputi pemilihan bibit, pemilihan dan penggunaan berbagai jenis pupuk, pengendalian hama, pemeliharaan dan perawatan tanaman dengan berbagai sistim pertanian, baik sistim hidroponik, dengan sistim polibag dan lain-lain. Saat penyuluhan tersebut dilaksanakan dialog interaktif dengan suasana santai.

Berkaitan dengan kegiatan tersebut, Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T.,M.Tr.Hanla, selaku Komandan Lanal Melonguane, Kamis (26/11/2020)menyampaikan rasa senangnya karena selain apa yang telah dilakukan oleh Lanal Melonguane mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan berbagai pihak, juga mendapatkan tambahan pengetahuan bagi para prajurit dan Jalasenastri Lanal Melonguane. 

Danlanal Melonguane juga menyampaikan harapannya agar kedepan terjalin kerja sama, kolaborasi dan peningkatan sinergitas antara berbagai pihak dengan Lanal Melonguane dalam membuat program-program yang dapat meningkatkan pengetahuan, kreativitas, produktivitas dan kesejahteraan bagi masyarakat di perbatasan, baik pada sektor pertanian maupun perikanan.

Pasca penyuluhan tersebut dilanjutkan dengan panen tanaman Pak Coy dan Slada dari modul instalasi tanaman hidroponik oleh ibu-ibu Jalasenastri dengan dibantu oleh prajurit Lanal Melonguane dan para penyuluh. Hasil panen tersebut kemudian dimasukkan ke dalam tempat dan siap dikirim ke Pulau Miangas via Tol Laut Kapal Sabuk Nusantara 70 yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat di sekitar Posal Miangas Lanal Melonguane.

" Walaupun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak atau tidak mencukupi untuk dibagikan kepada seluruh masyarakat Miangas, namun apa yang kita semai, kita tanam, kita rawat dan kita panen dengan tangan kita sendiri, kemudian kita bagikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan barokah", ujar Danlanal Melonguane mengakhiri pernyataannya. (Robert Tamaroba ).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00