HUT RI ke 77 Tahun, Polres Talaud Sikapi Peredaran Miras Lokal

KBRN, Talaud : Minuman Keras (Miras) lokal jenis cap tikus menjadi salah satu pembahasan Polres Talaud dan Kodim 1312/Talaud saat berdialog dengan RRI pada topik pertahanan keamanan negara di perbatasan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke 77 tahun.

Wakapolres Talaud Kompol Demitrius Lariwu mengatakan persoalan keamanan terkait miras ini menjadi sering terjadi.

"Pada perkara kecelakaan lalulintas saja dominannya terjadi karena akibat Miras khususnya pada kecelakaan tunggal acapkali terjadi di Talaud," jelasnya (16/8/2022).

Diakui Peredaran cap tikus ke Talaud banyak cara dilakukan pengedarnya, utamanya pada pengiriman melalui kapal yang masuk ke Talaud.

"Kami berusaha mendeteksi persoalan ini, dan ada operasi akan dilakukan dimulai dari atas kapal yang masuk sampai yang beredar ke penjualnya di masyarakat," tegasnya.

Lanjut dikatakan orang nomor dua Polres Talaud ini, pengiriman captikus dengan jumlah banyak ditemui dikirim melalui kapal ferry yang di timbun kedalam kendaraan angkutan truk.

"Tak jarang petugas kepolisian saat pemeriksaan dikelabui para pengedar tersebut, kami akui hal itu, karena nyatanya saat operasi ke masyarakat langsung atau penjualnya masih banyak beredar dan kami sita, karena sekarang setelah dikumpulkan miras dari hasil penyitaan jumlahnya banyak dan dalam waktu dekat akan dilakukan pemusnahan," tambahnya.

Miras captikus disikapi Polres Talaud, pasalnya selain terjadi banyak kasus pada kecelakaan, maraknya kasus bunuh diri di Talaud ternyata disebutkan penyebab lainnya karena Komsumsi miras oleh Korban Bunuh diri tersebut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar