Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut Warnai Peringatan HUT ke -77 RI di Beranda Utara NKRI

KBRN,Talaud : Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke -77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022), TNI Angkatan Laut ( TNI AL) mengerahkan pasukan selam handal untuk mengibarkan bendera merah putih di 65 dari 77 lokasi bawah laut yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Kepulauan Talaud, beranda utara NKRI. Adapun,Pusat pengibaran merah putih di bawah laut ini dilaksanakan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu. 

Sebanyak 833 penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, klub selam, dan masyarakat  berpatisipasi dalam pengibaran bendera bawah air ini, sekaligus untuk memecahkan rekor MURI.

Para penyelam membawa bendera pada kedalaman kurang lebih 10 meter dengan susunan inspektur upacara, komandan upacara, pengibar bendera dan peserta upacara serta pengucapan Dirgahayu RI dari bawah laut. 

Di Kabupaten Kepulauan Talaud, upacara bendera dilaksanakan oleh 20 orang penyelam yang merupakan Gabungan Penyelam Lanal Melonguane (5 orang) dan Kodim 1312 Talaud (2), Pemilik klub selam Porodisa Dive Center Godlife Latjandu bersama anggota (8 orang) dan penyelam Bank SulutGo (4 orang). 

Didapuk sebagai Inspektur Upacara Letda Mar Fahmi Zakki Aceh sedangkan Komandan Upacara Letda Laut (S) Achmad Roni. Kedua perwira TNI AL ini berasal dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Melonguane yang dipimpin Danlanal Letkol Laut ( P) Glory Syaranamual. 

Momen pengibaran bendera di bawah laut itu disebut bertujuan untuk menunjukkan luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan di dalamnya. Kekayaan itu harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke dan Miangas hingga Rote.

Usai upacara bawah laut, acara dilanjutkan dengan Parade Bendera yang dilaksanakan oleh Sea Rider Lanal Melonguane, Sea Rider Bekangdam XIII Merdeka, beserta Speed Boat angkutan penumpang Melonguane - Lirung. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar