Musim Hujan, Warga Diminta Waspada Penyakit

KBRN Talaud: Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud mengimbau masyarakat untuk mewaspadai mewabahnya serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) seiring telah tibanya musim  hujan.  

Kepala Dinas Kesehatan Talaud dr Kerry Monangin mengatakan, bibit penyakit DBD adalah habitatnya di air bersih yang tergenang sehingga kasusnya meningkat pada musim hujan.

 "Dengan kata lain, nyamuk DBD ini nyamuk elit karena tumbuh di genangan air bersih. Makanya, masyarakat harus mulai waspada," katanya Selasa,  (16/8/2022) 

Untuk mengatasi hal itu, masyarakat diingatkan untuk melakukan gerakan 3M Plus (mengubur barang bekas, menutup bak penampungan, dan menguras bak mandi).

 "Selain menjaga kebersihan lingkungan, antisipasi juga bisa dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara mengonsumsi asupan makanan bergizi, memperbanyak makan buah, minum air putih dan olahraga teratur," ujarnya. 

Monangin menerangkan, DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti mempunyai gejala demam dengan siklus tinggi-rendah dalam tempo beberapa hari. Bukan hanya DBD, penyakit lain yang perlu diwaspadai di musim hujan yakni diare karena banjir biasanya membuat air tercemar.

 "Batuk, pilek dan sakit tenggorokan juga biasanya meningkat kasusnya karena perubahan cuaca dan hujan hujanan," tandasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar