Serapan Anggaran Triwulan 2 Baru Sekitar 40 Persen

KBRN,Talaud : Penyerapan anggaran Triwulan II  Tahun 2022 di  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud baru mencapai kurang lebih 40 persen. Hal ini diakui langsung Sekretaris Daerah, Dr.Yohanis  Kamagi, AP, M.Si,Selasa (9/8/2022).

 Lambatnya penyerapan anggaran disebutkan Kamagi merupakan dampak dari sarat salur Dana Alokasi Khusus (DAK) tahap 3 tahun 2021 yang belum sempat terdistribusi karena terkendala faktor cuaca yang kala itu menyebabkan tenaga kelistrikan kelistrikan dan  jaringan internet tersedia. 

" Sehingga pada saat penginputan di OM SPAN  ( Online Monitoring SPAN - red) terkendala dan menyebabkan sarat salur tahap tiga DAK tidak tersalur.  Sehingga menurut peraturan Menteri Keuangan, pembiayaannya menjadi tanggung jawab dari APBD  2022," jelas Kamagi

Oleh karenanya, Pemkab Kepulauan Talaud harus melakukan pengendalian  dalam rangka tercapainya tanggungjawab pemerintah daerah untuk membayar pelaksanaan kegiatan tahun 2021 di tahun ini. 

Ia menambahkan, belum lama ini pemerintah pusat melalui kantor Sekretariat Presiden juga telah mengevaluasi dan menanyakan penyebab lambatnya penyerapan anggaran. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar